1. Startup

IDC: Android Kuasai 75% Pasar Smartphone Dunia di Kuartal Ketiga 2012

International Data Corporation (IDC) merilis laporan tentang pasar smartphone dunia dan Android menambah kuenya sebagai pemimpin pasar ini dengan total pengiriman 136 juta unit atau 75% dari total pasar. Angka ini naik 91.5% ketimbang periode yang sama tahun lalu. iPhone (iOS) menduduki posisi kedua dengan total pengiriman 26.9 juta unit (14.9%), sedangkan penjualan BlackBerry yang terus menerus turun masih menduduki posisi ketiga dengan pengiriman 7.7 juta unit (4.3%), turun 34% ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya.

Pasar Android yang sangat besar itu tidak diturunkan lagi berdasarkan vendornya. Meskipun demikian, IDC mengakui bahwa Samsung menguasai sebagian besar penjualan Android, sedangkan vendor-vendor lain banyak mengalami penurunan.

Yang menarik, data pengiriman Symbian -- yang notabene dimatikan perlahan -- masih menunjukkan geliatnya jika dibandingkan Windows Phone. Symbian, yang masih dijual oleh Nokia (Pureview 808) dan sejumlah vendor ponsel Jepang (Sharp, Fujitsu, Sony), berada di posisi keempat dengan penjualan 4.1 juta unit. Jumlah tersebut masih lebih banyak ketimbang penjualan Windows Phone yang sebagian besar penjualannya dikuasai oleh Nokia.

Meskipun demikian, angka persentase tahunan terbesar diraih oleh Windows Phone dengan pertumbuhan 140%. Kita tunggu perubahan yang terjadi akhir tahun ini setelah Microsoft meluncurkan Windows Phone 8 dan mengusung sejumlah flagship phones dari HTC, Nokia dan Samsung.

Di Indonesia sendiri, IDC sempat memicu perdebatan ketika menempatkan Android di atas BlackBerry sebagai smartphone paling populer saat ini. Kita tunggu laporan IDC (dan badan riset lainnya) tentang pasar smartphone di Indonesia kuartal ketiga ini.

[sumber gambar]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again