1. Lifestyle

IDC: Pasar Komputer Personal Turun 11,7% Selama Kuartal Kedua 2013

Masih senada dengan beberapa laporan sebelumnya, IDC masih memprediksikan pertumbuhan negatif bagi pasar komputer personal. Untuk kuartal kedua tahun 2013 ini, melalui laporan terbarunya, IDC memprediksikan pangsa pasar komputer personal akan mengalami penurunan sebesar 11,7% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Angka penurunan pasar komputer personal ini masih menunjukkan tren negatif sejak tahun 2012 lalu. Dengan rata-rata penurunan 4% selama 2012 dan 13,3% selama kuartal pertama 2013, industri komputer personal sebenarnya sudah diprediksi akan mengalami periode yang sulit pada kuartal kedua 2013 ini. Meski demikian, hasil penjualan selama Mei 2013 ini pun ternyata masih di bawah ekspektasi awal IDC yang sudah cukup rendah.

IDC merilis laporan mengenai pasar komputer personal ini berdasarkan data pengiriman (shipment) yang diamati di 80 negara di seluruh dunia. Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, negara-negara yang memiliki pasar komputer personal seperti Cina, India, Brazil, Meksiko, dan beberapa negara Eropa menunjukkan grafik pertumbuhan pasar yang negatif.

Tren negatif pasar komputer personal ini utamanya disinyalir akibat beralihnya konsumen ke perangkat tablet. Penjualan tablet bahkan diprediksikan akan melampaui penjualan komputer jinjing pada tahun ini dan melampaui penjualan keseluruhan komputer personal pada 2015.

 

[gambar via]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again