14 January 2013

by Iqbal Farabi

IDC: Penjualan Komputer Personal di 2012 Menurun

Lembaga riset pasar IDC baru-baru ini mengeluarkan laporan terbaru mengenai penjualan komputer personal selama tahun 2012. Berdasarkan laporan tersebut, angka penjualan komputer personal menurun sebesar 6,4% menjadi 89,8 juta unit di seluruh dunia. Penurunan ini lebih buruk dari perkiraan awal yang sebelumnya memprediksikan penjualan komputer personal akan menurun sebesar 4,4% pada kuartal keempat 2012 jika dibandingkan dengan penjualan pada kuartal keempat 2011.

Meskipun demikian, produsen perangkat elektronik asal Taiwan, Lenovo justru berhasil meningkatkan angka penjualan sebesar 8% dan mencatatkan rekor penjualan sebesar 14 juta unit. Walaupun pertumbuhan ini belum mampu membawa Lenovo menggeser posisi HP sebagai pemimpin di pasar. Dari lima produsen komputer personal dengan penjualan terbanyak selama kuartal keempat 2012, hanya Lenovo dan Asus yang mencatatkan pertumbuhan angka penjualan. HP, Dell, dan Acer masing-masing menurun sebesar 0.6%, 20.8%, dan 28.2%. Tabel berikut memberikan keterangan lebih lengkap mengenai laporan penjualan komputer personal dari IDC.

Sementara, grafik berikut menggambarkan pertumbuhan pangsa pasar lima produsen komputer personal dengan penjualan terbesar di 2012.

Menurunnya angka penjualan komputer personal ini dipengaruhi oleh semakin bergesernya pasar perangkat komputer ke arah komputer tablet dan ponsel pintar. Sebelumnya kami sempat melaporkan mengenai prediksi dari NPD DisplaySearch yang menyebutkan bahwa pada 2013, penjualan komputer tablet akan melebihi penjualan komputer jinjing untuk pertama kalinya. Laporan-laporan seperti yang dirilis oleh IDC ini semakin memperkuat tanda-tanda berakhirnya dominasi perangkat komputer personal (yang mencakup komputer meja dan komputer jinjing), digantikan oleh tablet dan ponsel pintar.