28 January 2013

by Iqbal Farabi

IDC: Samsung dan Apple Kuasai Pangsa Pasar Smartphone 2012

Seperti biasa, secara periodik lembaga riset pasar IDC selalu mengeluarkan laporan mengenai kondisi terakhir pasar produk-produk teknologi. Kali ini IDC merilis laporan pangsa pasar telepon seluler pada kuartal keempat 2012, baik untuk pasar telepon pintar maupun untuk pasar telepon seluler secara keseluruhan.

Untuk pasar telepon pintar, Samsung dan Apple semakin menguasai pasar dengan masing-masing memiliki pangsa pasar sebesar 29% dan 21,8%. Samsung sendiri selama kuartal keempat berhasil menjual sebanyak 63,7 juta unit telepon pintar, melonjak 76% jika dibandingkan dengan penjualan pada kuartal yang sama di tahun 2011. Sementara Apple menjual sebanyak 47,8 juta unit telepon pintar, meningkat 29,2% jika dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2011.

Sementara di posisi selanjutnya, secara mengejutkan Huawei berhasil menempati posisi ketiga. Meskipun secara persentase Huawei hanya memiliki 4,9% pangsa pasar, Huawei berhasil meningkatkan angka penjualan ponsel pintarnya secara drastis. Dari angka penjualan sebesar 5,7 juta unit pada  kuartal keempat 2011, pada kuartal keempat 2012 lalu angka penjualan ponsel pintar Huawei meningkat 89,5% menjadi 10,8 juta unit.

Posisi keempat dan kelima diisi oleh Sony dan ZTE dengan masing-masing menguasai 4,5% dan 4,3% pangsa pasar. Baik Nokia maupun RIM ternyata tidak mampu menembus lima besar daftar penjualan ponsel pintar versi IDC ini. Rincian lebih lengkap komposisi pangsa pasar ini bisa dilihat pada tabel berikut:

Sementara untuk pangsa pasar telepon seluler secara keseluruhan agak sedikit berbeda dengan pangsa pasar telepon pintar. Nokia, yang sebelumnya berdasarkan laporan dari IHS untuk pertama kalinya digeser oleh produsen ponsel lain dalam penguasaan pasar ponsel secara keseluruhan, rupanya masih bertahan di posisi kedua. Meskipun mengalami penurunan angka penjualan sebesar 23,9%, Nokia masih memiliki 17,9% pangsa pasar, berkurang dari 24% pada tahun sebelumnya.

Samsung, Apple, Huawei, dan ZTE melengkapi daftar lima besar penguasa pangsa pasar telepon seluler secara keseluruhan dengan masing-masing memiliki pangsa pasar sebesar 23%, 9,9%, 3,6%, dan 3,3%. Berikut adalah tabel lengkapnya:

Jika Anda tertarik untuk melihat laporan selengkapnya, Anda bisa mengunjungi halaman resmi IDC pada tautan ini.

 

Sumber Gambar: T3.