1. Entrepreneur

10 Ide Bisnis Minuman Kekinian Beserta Tips Agar Sukses

Intip ide bisnis minuman serta tips menjalankan usaha minuman buat Anda.

Bisnis minuman menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Apalagi jika produknya adalah minuman kekinian.

Dengan membeli minuman kekinian yang hits, akan membuat pembeli terutama generasi muda merasa dirinya tidak ketinggalan tren. Mereka juga akan membagikan minuman tersebut ke media sosial masing-masing.

Nah, sekarang Anda mau tahu ide bisnis minuman apa yang sedang tren dan tips agar usaha Anda sukses? Simak penjelasan di bawah ini ya. 

Ide Bisnis Minuman Kekinian

Minuman Boba

Siapa sih yang tidak tahu boba? Minuman ini sangat diminati oleh banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Biasanya minuman ini mengkombinasikan boba atau bola-bola berbahan tapioka dengan minuman manis lainnya, seperti teh susu, thai tea, es kopi, matcha, taro, lemon squash dan sebagainya.

Teh Yakult

Ide bisnis minuman berikutnya adalah teh yakult. Intinya, ini jenis minuman yang mencampurkan teh dengan susu ataupun minuman bersoda. Rasanya nikmat, lho.

Kombucha

Anda ingin menjual minuman kekinian yang sehat? Kalau begitu juallah kombucha. Kombucha adalah teh fermentasi yang dicampur dengan mikroba dan ragi.

Jenis minuman ini memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh, lho. Misalnya, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan tingkat gula darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan ginjal.

Cheese Drink 

Apakah target bisnis Anda adalah pecinta keju? Kalau iya, silahkan menjual cheese drink. Jadi, Anda bisa menjual minuman bersoda atau teh dengan dikasih topping pada atasnya yaitu krim keju. 

Jamu Kekinian

Minuman kesehatan lainnya yang bisa Anda jual adalah jamu. Jamu dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia karena bahan-bahannya menggunakan bahan natural dan herbal.

Supaya produk jamu Anda bisa menyasar ke orang-orang muda, Anda bisa mengemas jamu dengan kemasan yang menarik. Selain itu, bisa memodifikasikan rasa, seperti temulawak dengan madu.

Cold Pressed Juice 

Nah, kalau jenis minuman satu ini cocok jika target bisnis Anda ialah pecinta buah. Bedanya cold pressed juice dengan jus buah lainnya itu, jenis minuman ini hanya diambil sari buahnya saja sehingga teksturnya lebih encer dan segar dikonsumsi. 

Kopi Susu

Ide bisnis minuman ini mungkin sudah lama ada, tetapi hingga sekarang masih banyak penikmatnya. Dengan ada budaya “ngopi” di Indonesia, tentunya Anda tidak akan merasa terlalu susah saat mencari konsumen. Tetapi, Anda bisa memberikan inovasi pada minuman ini agar brand kopi Anda terlihat berbeda.

Alpukat Kocok

Kali ini, ide bisnis minuman berikutnya ialah alpukat kocok. Bedanya dengan jus alpukat adalah buah satu ini tidak diblender melainkan dihancurkan dengan alat mixer atau whisk agar teksturnya lebih kental.

Brown Sugar

Jenis minuman ini bisa menjadi ladang bisnis Anda. Biasanya minuman ini merupakan campuran dari brown sugar atau gula merah dengan kopi, susu, dan teh. Minuman brown sugar akan cocok di lidah orang yang suka manis.

Minuman Charcoal 

Ide bisnis minuman terakhir bisa dibilang cukup baru. Kebanyakan orang masih belum tahu bila charcoal atau arang bisa dijadikan minuman. Tentunya, minuman ini akan menjadi peluang dan sekaligus tantangan bagi Anda.

Tips Sukses Saat Menjalankan Bisnis Minuman Kekinian

Setelah mengetahui ide bisnis minuman seperti apa yang bisa Anda lakukan, saatnya Anda cari tahu tips menjalankan bisnis agar lancar.

Menu Variasi Adalah Kunci 

Cara agar bisnis Anda bertahan di antara kompetitor Anda dengan membuat menu varian. Anda bisa membuat varian yang unik dan berbeda, misalnya yang dilakukan oleh Kopi Soe dengan menu Roegal (kopi rum dan regal).

Selain varian rasa, Anda bisa membuat side menu. Misalnya, Anda menjual susu gula merah, lalu Anda bisa menjual versi minuman baru seperti susu madu. Ini berguna jika minuman yang Anda jual sudah kehilangan pasarnya, sehingga side menu-nya dapat menjadi produk penggantinya.

Buat Produk Komplementer 

Cara kedua adalah membuat produk komplementer. Produk komplementer adalah produk yang saling melengkapi produk lainnya. Misalnya, Anda bisa membuat snack yang mudah dibawa seperti kentang goreng, membuat merchandise, membuat botol dengan logo brand bisnis Anda.

Gunakan Kemasan Menarik 

Selain menu yang unik, untuk menarik perhatian pelanggan bisa dilakukan dengan pemilihan kemasan. Anda harus membuat kemasan yang desainnya simpel dan menarik, mudah dibaca, memiliki logo brand, dan tentunya sesuai dengan target pasar Anda.

Manfaatkan Media Sosial 

Meskipun dijual secara online, Anda tetap harus memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi bisnis Anda. Cobalah buat konten yang menarik di media sosial agar bisnis Anda semakin berkembang dan dikenal banyak orang. Oh iya, Anda juga bisa mengajak kerjasama dengan influencer atau selebgram untuk mempromosikan bisnis Anda, lho.

Buka Toko Online

Meski Anda memiliki toko, tak ada salahnya bila Anda membuat toko online juga. Anda bisa memasarkannya di marketplace seperti Shopee Food, GoFood, GrabFood. Atau Anda bisa membuat toko online di aplikasi.

Nah, bagaimana dengan ide bisnis minuman kekinian dan tips menjalankan bisnis agar sukses? Meski sudah diberi tips di atas, ada tiga hal yang perlu Anda lakukan sebagai pebisnis supaya bisnis Anda sukses, yaitu sabar, tekun, dan bekerja keras. Jadi, selamat mencoba!

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again