1. Entrepreneur

8 Ide Bisnis Sampingan untuk Wanita yang Perlu Anda coba!

Rekomendasi ide bisnis sampingan untuk wanita yang tidak memakan waktu banyak, cocok untuk wanita karir ataupun ibu rumah tangga

Bagi Anda seorang ibu rumah tangga ataupun yang sudah memiliki karir, tidak salah jika ingin memiliki bisnis sampingan di tengah kesibukan. Memiliki bisnis sampingan dapat menambah pemasukan tanpa harus mengabaikan pekerjaan utama.

Jika Anda bermimpi untuk memiliki usaha sendiri menjadi seorang wirausaha, ini adalah langkah awal yang tepat untuk dapat mencapainya. Anda harus pintar dalam mengatur waktu jika ingin memulai usaha sampingan, karena bisa saja sewaktu-waktu bisnis yang Anda jalani ini berjalan dengan baik dan terus meningkat, takutnya ini akan menjadi hal yang tidak profesional karena Anda memiliki pekerjaan utama yang harus diprioritaskan.

Selain mengatur waktu, Anda harus dapat meluangkan waktu sebaik mungkin untuk mengembangkan ide bisnis dan evaluasi bisnis yang Anda jalani. Bisa jadi Anda harus meluangkan malam hari selepas beraktivitas dan waktu akhir pekan agar dapat betul-betul menuangkan ide bisnis sampingan kamu.

Berikut ide usaha sampingan untuk wanita yang dapat Anda coba.

1. Reseller & Dropshipper

Pasti Anda sudah tidak asing dengan bisnis menjadi reseller & dropshipper. Jika Anda memiliki modal lebih, Anda dapat memilih untuk menjadi reseller, namun jika Anda tidak memiliki modal yang banyak bahkan tanpa modal, Anda dapat menjadi dropshipper. Berbagai macam jenis produk dapat Anda jual di berbagai platform marketplace

Dibanding menjadi reseller, dropshipper lebih cocok digunakan untuk Anda yang tidak memiliki waktu luang banyak, namun tetap ingin memiliki usaha sampingan. Anda tidak perlu mengurus stok barang di rumah, cukup memanfaatkan marketplace yang ada, Anda sudah bisa menghasilkan uang. Pastikan juga Anda memasarkan produk dengan benar dan sesuai target.

2. Bisnis Kue Bento

Credit: iStockPhoto

Anda punya keahlian bikin kue atau hobi membuat kue? Mungkin bisnis sampingan ini cocok untuk Anda. Saat ini sedang ramai jenis kue bento atau bento cake. Dinamakan bento cake karena kue ini disajikan dengan ukuran kecil dalam wadah lunch box, cocok untuk dimakan sendiri atau berdua.

Ukurannya yang kecil dengan hiasan sederhana, sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membuat jenis kue ini. Anda juga punya banyak waktu untuk mempersiapkan, karena kue dibuat jika ada pesanan. Bisnis ini cocok untuk dibuat sebagai bisnis sampingan.

3. Bisnis Makanan dan Minuman Ringan

Ide bisnis sampingan ini bisa Anda coba. Makanan dan minuman ringan sangat banyak variannya dan terus bertambah setiap waktu jenisnya. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk menjual produk tersebut. 

Terutama, jika Anda merupakan wanita karir, pati banyak yang tidak punya waktu banyak untuk membuat atau membeli. Saat bekerja, orang cenderung untuk menyantap snack karena dapat mengganjal perut. 

Selain itu agar lebih variatif, Anda juga dapat memanfaatkan jualan ini pada produk makanan dan minuman viral. Makanan dan minuman viral berganti pada waktu tertentu. Dengan begitu, Anda tidak akan kehabisan ide untuk berjualan di tengah kesibukan.

4. Jasa catering 

Credit: Pixabay

Jenis makanan catering memiliki banyak varian, seperti catering makanan rumahan, makanan western, makanan diet, dan lainnya. Anda dapat menspesifikkan catering apa yang akan Anda jual disesuaikan dengan target pasar dan keahlian.

Anda dapat menawarkan makanan dengan masakan yang inovatif, dalam artian menu makanan berganti setiap harinya agar pelanggan tidak bosan dan dengan jaminan kualitas yang lebih bersih dan sehat.

5. Jual Aksesoris

Credit: Pixabay

Aksesoris memiliki banyak macamnya, terdapat gantungan kunci, gelang, kalung, cincin, bros, anting, topi, dan masih banyak lagi. Anda dapat memasok dari luar atau merangkainya sendiri.

Jika Anda memiliki keahlian mendesain, Anda juga dapat membuka jasa menghias card holder yang sedang ramai dipasaran, khususnya bagi penggemar K-pop. Anda dapat memanfaatkan waktu luang Anda untuk mengkreasikan produk tersebut.

6. Craft

Credit: Pixabay

Crafting merupakan kegiatan kerajinan tangan yang menghasilkan sebuah karya, dapat terbuat dari kertas, kain, clay, barang bekas, dan lainnya. Bermodalkan kreativitas dan keahlian, Anda dapat menciptakan sesuatu yang dapat Anda jual dan menghasilkan uang. Anda dapat mencoba melakoni bisnis crafting untuk menyalurkan hobi dan menambah pemasukan.

Waktu luang Anda dapat dicurahkan untuk menciptakan karya yang nantinya dapat Anda jual. Beberapa bisnis crafting yang diminati antara lain, aksesoris, kreasi kain flanel, kain perca, rajutan, gambar dan lukisan, kreasi bros, kaca, kreasi clay, kreasi pop-up, dried flower, hingga kreasi dari kayu.

7. Hampers

Credit: Pixabay

Bisnis sampingan ini dapat dijadikan opsi jika Anda tidak punya banyak waktu. Bisnis hampers ini dapat Anda jalankan hanya pada event tertentu, seperti hari raya, tahun baru China, natal, dan hari besar lainnya. Jenis hampers yang dapat Anda jual adalah kue kering, makanan ringan lainnya, sirup, whine, dan masih banyak lagi. Anda dapat merangkainya di dalam keranjang dan disusun secara cantik dan rapi.

8. Jasa sewa kotak hantaran

Adanya bisnis ini, sangat membantu bagi mereka yang sedang menyiapkan acara pernikahan. Banyak dari mereka tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk membeli wadah hantaran karena biaya mahal dan hanya sekali pakai, sehingga bisnis ini hadir untuk membantu mereka. 

Seserahan akan didekor dengan cantik dengan wadah yang beraneka ragam. Umumnya wadah yang digunakan adalah kotak terrarium dan juga kayu. Biasanya, selain menyewakan wadah hantaran, juga menyediakan jasa untuk desain mahar. Anda dapat membuka bisnis ini sebagai usaha sampingan, karena benda yang digunakan dapat digunakan terus-menerus dan hanya digunakan pada event tertentu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again