1. DScovery

10 Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Agar Cuan

Untuk menambah penghasilan bulanan, kamu bisa mencari ide bisnis sampingan untuk karyawan di sini!

Menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan baik karyawan swasta atau pegawai negeri sipil (PNS) menjadi hal yang sering diimpikan oleh banyak orang karena memiliki penghasilan yang tetap, tetapi beberapa orang terkadang memiliki kebutuhan yang berbeda. Sehingga membutuhkan penghasilan tambahan. Maka tak jarang mereka mencari ide bisnis sampingan untuk karyawan.

Bagi kamu yang sedang ingin mencari penghasilan tambahan saat ini juga pasti bingung ide bisnis sampingan untuk karyawan apa saja yang cocok dan dapat dilakukan dengan mudah.

Atau juga bingung dengan modal yang sedikit, kira-kira ide bisnis samping untuk karyawan apa yang masuk kriteria?

Yuk, cari tahu ide bisnis samping untung karyawan dengan modal kecil di bawah ini!

Ide bisnis sampingan untuk karyawan

1. Jual Pulsa

Ide bisnis sampingan untuk karyawan yang pertama adalah menjual pulsa. Ide bisnis juga tidak membutuhkan modal yang besar, kamu hanya cukup melakukan deposit mulai dari 50 ribu melalui aplikasi jual pulsa yang sudah terpercaya.

Nah, biasanya aplikasi tersebut juga tidak hanya menyediakan pulsa saja, tetapi menyediakan fitur membayar tagihan seperti listrik, air, dan juga wifi. Namun, kamu harus pintar-pintar dalam memilih aplikasi jual pulsa yang terpecaya.

2. Menjual makanan ringan

Apakah kamu memiliki rekan kerja yang hobinya ngemil? Kalo iya, hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi karyawan, loh! Biasanya di pasar tradisional banyak toko yang menjual makanan ringan bentuk grosiran dengan berbagai macam bentuk dan rasa.

Kamu bisa membelinya dengan jumlah kecil terlebih dahulu dan menawarkan ke teman-teman kantor.

3. Jasa desain grafis

Ingin membuka bisnis yang tidak perlu mengeluarkan banyak pengeluaran untuk keluar? Maka jawabannya adalah menjadi freelance desainer grafis. Bahkan, pekerjaan sampingan ini juga tidak memerlukan modal, asalkan kamu sudah memiliki aplikasi desain grafis yang memadai.

Untuk memulai bisnis ini kamu harus memiliki portofolio yang mendukung agar klien bisa melihat hasil karya kamu. Portofolio juga bisa berupa postingan media sosial.

4. Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang cukup mumpuni ditambah memiliki sertifikat berlisensi juga bisa membuka peluang menjadi seorang penerjemah. Biasanya pekerjaan ini dilakukan berdasarkan project yang berjalan. Namun, selain bisa menerjemahkan biasanya kamu juga dituntut untuk bisa menguasai penulisan yang baik.

5. Bisnis affiliate

Mungkin bisnis affiliate sudah tidak asing lagi bagi kamu, karena saat ini beberapa e-commerce sudah banyak yang membuka kesempatan ini. Bisnis affiliate tidak membutuhkan modal, bahkan bisa dikerjakan secara online.

Cara kerjanya dimulai dari mitra afiliasi mempromosikan produk dari perusahaan penyelenggara, terjadi transaksi dari hasil promosi, lalu mitra afiliasi dapat keuntungan.

6. Membuka jasa titip

Ide bisnis untuk karyawan selanjutnya adalah membuka jasa titip produk online atau offline. Biasanya ada banyak orang yang tidak sempat membeli suatu barang yang menjadi keinginan mereka, entah karena sibuk atau jarak dengan toko yang cukup jauh.

Kamu bisa memanfaatkan momen ini ketika sedang berkunjung ke suatu tempat atau juga menjadi jasa titip sebuah produk online dengan limited edition. Kecepatan internet biasanya dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

7. Menjual foto di internet

Kamu memiliki hobi fotografi dan ingin menghasilkan uang sebagai pekerja sampingan? Saat ini kamu bisa menjual foto-foto hasil jepretan kamu di situs foto seperti Shutterstock dan Istockphoto. Namun, penjualan di situs foto biasanya tidak instan karena membutuhkan verifikasi dan kurasi yang cukup ketat, umumnya jika foto kamu sukses terjual juga akan dibayarkan dengan mata uang dollar.

8.Menjadi tutor pelajaran

Ide bisnis sampingan ini bisa kamu lakukan di akhir pekan, kamu bisa memanfaatkan keahlian kamu untuk mendapatkan pendapatan yang cukup besar. Namun, untuk menjadi seorang tutor mata pelajaran tertentu, kamu harus bisa menguasai mata pelajaran tersebut seperti matematika, Bahasa Inggris, ilmu pengetahuan alam atau ilmu pengetahuan sosial, dan juga bahasa asing lainnya jika diperlukan.

Kamu dapat menawarkan jasa tutor ke teman atau lingkungan terdekat seperti tetangga atau teman kantor. Tentunya ide kerja sampingan ini tidak harus mengeluarkan uang terlebih dahulu.

9. Menjadi content creator

Ide bisnis kerja sampingan selanjutnya adalah menjadi content creator, saat ini menjadi content creator juga bisa mendapatkan cuan, loh! Apalagi jika kamu memiliki followers yang cukup banyak, akan ada banyak brand yang meminta kamu untuk mempromosikan barang mereka. 

Untuk menjadi content creator, kamu bisa mulai dari hobi atau kesukaan kamu saat ini kemudian membagikannya di media sosial.

10. Membuka toko online

Membuka toko online bisa menjadi ide bisnis kerja sampingan karyawan, kamu bisa memulainya dengan modal kecil terlebih dahulu. Cari produk yang sedang diburu saat ini untuk mendapatkan target pasar, kamu juga bisa memanfaatkan e-commerce sebagai tempat menjualnya agar lebih sistematis dan lebih mudah dalam pengiriman barang.

Nah, itu tadi 10 ide bisnis kerja sampingan karyawan yang bisa kamu lakukan saat ini, sebagian besar ide bisnis tersebut bahkan tidak memerlukan modal jutaan. Namun, kamu juga harus bisa membagi waktu antara bekerja dan berbisnis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again