EntrepreneurDigital Marketing

7 Ide Konten Youtube untuk Pemula, Bisa untuk Content Creator dan Bisnis

Ingin memulai YouTube channel? Yuk simak beberapa ide konten YouTube menarik yang bisa Anda buat dengan mudah.

Sebagai content creator, Anda dituntut untuk selalu menyuguhkan konten untuk para subscribers Anda. Namun, membuat konten memang tidaklah mudah. Terlebih lagi jika Anda adalah YouTuber pemula yang belum memiliki banyak ide konten untuk channel YouTube Anda.

Tapi, jangan khawatir. Artikel ini akan membagikan beberapa ide konten yang cocok untuk digarap oleh YouTuber pemula atau Anda yang ingin mencoba mempromosikan produk melalui YouTube.

Ide Konten YouTube yang Mudah Dikerjakan

YouTube merupakan search engine platform kedua yang memiliki banyak pengguna setelah YouTube. Tak heran banyak yang berminat untuk mulai menghasilkan uang dari YouTube atau menjadikan YouTube platform promosi bisnis atau produk.

Jika tertarik untuk mulai membuat konten di YouTube, berikut ini terdapat beberapa ide konten ringan tapi menarik yang bisa Anda buat untuk mengawali YouTube channel Anda.

Tutorial

YouTube menjadi tempat utama yang dituju oleh banyak orang untuk mencari video-video tutorial. Mulai dari tutorial komputer, internet, memasak hingga tutorial memotong sayuran.

Selain banyak dicari, konten tutorial juga mudah digarap oleh para pemula yang belum terbiasa membuat video di YouTube. Anda bisa membuat video tutorial sesuai dengan minat, kemampuan, tema channel YouTube, atau tutorial penggunaan produk bisnis Anda.

Video Blogging (Vlog)

Ide konten selanjutnya adalah video blogging atau yang sering disebut dengan Vlog. Bentuk konten vlog ini merupakan video yang menunjukkan kegiatan sehari-hari Anda. Jenis konten satu ini juga populer dan banyak disukai oleh audiences, karena audience bisa mengethaui bagaimana kehidupan sehari-hari dari point of view orang lain.

Selain menunjukkan keseharian Anda, Anda juga bisa memberikan beberapa informasi mengenai kegiatan yang Anda lakukan atau hal yang Anda temui agar dapat menjadi insights bagi viewers.

Jika YouTube channel Anda adalah YouTube channel bisnis, Anda bisa mengajak penonton untuk melihat bagaimana situasi rumah produksi atau toko Anda di keseharian.

Review

Berikutnya, Anda juga bisa coba membuat konten review. Konten review ini bisa berupa review produk, film, buku, dan lainnya. Anda bisa memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan barang, film, atau buku tersebut.

Jenis konten ini juga sangat cocok bagi affiliate marketer untuk mempromosikan suatu produk dan mengajak penonton untuk membelinya melalui link affiliate yang bisa Anda cantumkan di deskripsi.

Reaction Video

Seperti namanya, reaction video pada dasarnya adalah konten video dimana Anda menunjukkan reaksi atau berkomentar terhadap video orang lain. Video ini bisa berupa video YouTuber lain, video klip, video-video lucu di TikTok, atau video rekaman suatu acara.

Tips dan Trik

Jika Anda adalah seorang expert di suatu bidang, menguasai suatu bidang, atau memiliki pengalaman yang dapat dibagikan kepada penonton, maka Anda bisa membuat konten yang berisi tips, trik, atau sharing pengetahuan.

Meskipun konsep video ini adalah sharing dimana Anda akan berbicara di sepanjang video, tapi jangan lupa untuk tetap mengemasnya dengan menarik dan menghibur. Anda juga bisa menambahkan subtitle untuk berjaga-jaga apabila suara Anda tidak terlalu terdengar.

Video Opini

Ide konten ini cukup mirip dengan sebelumnya. Perbedaannya adalah pada jenis konten video ini Anda memberikan opini Anda terhadap suatu hal, namun tetap diiringi dengan fakta yang bisa Anda cari sebelumnya.

Jenis konten ini juga dapat menarik banyak penonton dan Anda juga bisa meningkatkan interaksi dengan mengajak penonton untuk mengutarakan pendapat versi mereka.

Kolaborasi

Kolaborasi merupakan ide konten yang sebenarnya cukup sulit untuk dibuat apabila Anda adalah seorang content creator pemula yang belum menjalin relasi dengan YouTuber lainnya.

Namun, jika Anda memiliki teman yang juga seorang YouTuber, maka Anda bisa mencoba ide konten kolaborasi ini. Anda bisa membuat konten challenge atau menggabungkan tema YouTube channel Anda dan teman Anda.

Ide konten ini juga cocok untuk mempromosikan bisnis melalui YouTube. Anda bisa berkolaborasi dengan YouTuber yang sudah dikenal banyak orang untuk mengenalkan bisnis Anda ke lebih banyak orang.

Nah, itu dia 7 ide konten YouTube yang cocok dibuat oleh Anda yang masih pemula dalam membuat konten video. Apapun jenis konten yang Anda buat, pastikan konten video tersebut dapat menghibur dan memberikan informasi lebih kepada penonton. Selamat mencoba!

Header by Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again