1. DScovery

Ide Pokok: Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

Ide pokok bisa terletak di awal paragraf, akhir paragraf, maupun keduanya.

Tahukah, kamu? Dalam setiap paragraf pasti mengandung satu ide pokok yang berfungsi untuk menjelaskan inti persoalan yang sedang dibahas. Ide pokok tersebut bisa terdapat di awal, akhir, maupun keduanya.

Lantas, apa yang sebenarnya disebut dengan ide pokok dan apa saja ciri serta contohnya? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!

Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi pokok pengembangan sebuah paragraf. Ide pokok juga sering disebut sebagai gagasan utama atau kalimat utama.

Dalam setiap paragraf memiliki satu ide pokok. Letaknya pun berbeda-beda, bisa di awal kalimat, akhir kalimat, bahkan di awal dan akhir kalimat. Fungsi dari ide pokok terbadi menjadi dua, yakni bagi penulis dan bagi pembaca.

Bagi penulis, ide pokok berfungsi sebagai pengendali agar kalimat-kalimat pendukung lainnya tidak keluar dari gagasan pokok yang digunakan. Sementara bagi pembaca, ide pokok berfungsu sebagai penuntun dalam memahami isi bacaan.

Ciri-Ciri Ide Pokok

Ide pokok dapat dikenali dengan ciri-ciri berikut.

  1. Memiliki inti persoalan atau persoalan utama dari sebuah paragraf.
  2. Memiliki kalimat pendukung atau kalimat penjelas.
  3. Bisa terletak di awal paragraf, akhir paragraf, maupun di awal dan akhir paragraf.
  4. Memiliki informasi yang lebih umum.
  5. Bisa ditemukan melalui kata kunci tertentu.

Contoh Ide Pokok

Contoh Ide Pokok Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang memiliki ide pokok terletak di awal paragraf. Berikut adalah contohnya.

Banjir sudah menjadi hal yang biasa di Kota Jakarta. Bencana banjir tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, sungai atau saluran-saluran irigasi tidak berfungsi dengan baik. Kedua, pendangkalan sungai dan sulitnya proses normalisasi sungai. Ketiga, kurang pedulinya warga dan para pengusaha terhadap lingkungan dengan budaya mereka membuang sampah dan limbah di sungai. Terakhir, pembangunan gedung, jalan, dan bangunan lainnya yang membuat tanah susah menyerap air. Selain itu, pepohonan hijau juga menjadi berkurang dan menyebabkan keseimbangan alam terganggu sehingga menjadi banjir.

Dalam paragraf tersebut, dapat diketahui bahwa ide pokoknya adalah penyebab banjir di ibu kota Jakarta, yang terdapat pada kalimat, “Banjir sudah menjadi hal yang biasa di Kota Jakarta. Bencana banjir tersebut disebabkan oleh beberapa faktor.”.

Contoh Ide Pokok Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah jenis paragraf yang ide pokoknya berad di bagian akhir. Berikut adalah contohnya.

Bagi warga Jakarta, membuang sampah senaknya ke sungai sudah jadi kebiasaan, bahkan tradisi sejak dulu. Padahal, kebiasaan buruk ini sudah dirasakan akibatnya hampir setiap tahun. Sampah-sampah ini bisa menyebabkan aliran sungai terhambat dan akhirnya menimbulkan banjir. Tidak heran banjir yang terjadi di Jakarta sering kali disebabkan oleh tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai.

Dalam paragraf tersebut, dapat diketahui bahwa ide pokoknya adalah tumpukan sampah sebagai penyebab banjir Jakarta, yang terdapat dalam kalimat, “Tidak heran banjir yang terjadi di Jakarta sering kali disebabkan oleh tumpukan sampah yang menghambat aliran sungai.”.

Contoh Ide Pokok Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang memiliki ide pokok yang terletak di awal serta akhir paragraf. Berikut contohnya:

Hutan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita. Di hutan tumbuh bermacam-macam tumbuhan yang dapat mencegah banjir, erosi, dan tanah longsor. Hewan-hewan juga dapat hidup bebas di hutan, kita juga dapat memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata. Hutan memang seharusnya dijaga karena bermanfaat bagi kehidupan kita.

Dalam paragraf tersebut dapat diketahui bahwa ide pokoknya terletak di bagian awal dan akhir paragraf, yakni hutan memiliki manfaat yang luar biasa, sehingga hutan memang seharusnya dijaga.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai ide pokok. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasanmu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again