1. DScovery

5 Ide Usaha Modal Kecil yang Patut Kamu Tiru, Jangan Sampai Salah Sasaran!

Bagi kamu yang hanya memiliki modal kecil tidak perlu khawatir karena ada beberapa ide bisnis yang cuman membutuhkan modal kecil tapi untung besar.

Butuh ide usaha dengan modal minim, tapi bisa menghasilkan banyak? Tidak ada alasan untuk khawatir! Sekarang kamu bisa melakukannya di mana saja. Dengan bantuan internet dan keterampilan yang kamu miliki, lebih mudah untuk berbisnis dan ada cukup uang.

Simak ide usaha modal kecil berikut untuk menginspirasi kamu!

1. Bisnis Makanan Ringan

Ilustrasi pengusaha makanan ringan (sumber: Freepik)

Peluang membuka bisnis makanan ringan atau snack sangatlah terbuka. Karena semakin banyak orang menghabiskan waktunya di rumah, semakin besar pula kebutuhan akan makanan ringan seperti keripik kentang, makaroni kering, basreng, hot stick, dll. Jadi perusahaan makanan ringan ini mungkin salah satu yang bisa dicoba.

Namun, harus dipahami bahwa bisnis ini mengikuti tren. Maka solusinya adalah dengan mencari jajanan yang kemungkinan besar akan kamu nikmati dari waktu ke waktu.

2. Bisnis Frozen Food

Frozen food dapat dijadikan ide untuk bisnis kamu (sumber: Freepik)

Contoh bisnis modal kecil yang tidak memiliki banyak pesaing berikutnya adalah bisnis frozen food. Hampir seperti bisnis makanan ringan, permintaan produk beku juga meningkat apalagi sekarang orang-orang banyak menghabiskan waktu di rumah. Karena semakin banyak orang yang membutuhkan makanan praktis yang bisa disimpan dalam lemari es dalam waktu lama. Tak heran jika bisnis makanan beku semakin populer. Produk yang bisa kamu tawarkan antara lain hot dog, nugget, kentang goreng, dll.

Terbukti beberapa negara di dunia, seperti negara-negara Eropa, telah memperhatikan bahwa seiring berkembangnya bisnis pesan-antar makanan, permintaan akan kentang goreng juga berkembang. Mengingat pasar Eropa, tidak menutup kemungkinan hal ini juga akan terjadi di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

3. Bisnis Katering Sehat

Bisnis katering sehat sangat nge-trend di tengah masyarakat hari ini (sumber: Freepik)

Saat ini masyarakat mulai mengikuti trend gaya hidup sehat. Oleh karena itu, tren ini sudah mulai muncul di semua lapisan masyarakat. Tak heran jika peminat kuliner semakin meningkat.

Semakin banyak orang yang sadar akan kebutuhan diet dan juga kesehatan tubuh, maka hal ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk memulai usaha katering makanan sehat. Apalagi di masa pasca pandemi ini, masyarakat mulai mengutamakan kebersihan dan juga kualitas makanan yang dimakannya.

4. Bisnis Waralaba (Franchise)

Warabala juga bisa membantu kamu memulai bisnis yang besar nantinya (sumber: Freepik)

Ada banyak perusahaan jenis ini di Indonesia. Jika kamu berbisnis dengan brand yang sudah dikenal masyarakat luas, kamu bisa dengan mudah meraih keuntungan besar dengan cara menjalin kemitraan franchise. Modal yang dibutuhkan memang tidak banyak, namun kamu harus memiliki cukup uang untuk mewujudkan ide bisnis ini.

Tidak hanya makanan dan minuman, bisnis waralaba pun kini cukup beragam. Namun, biasanya makanan dan minuman. Selain faktor permintaan, penjualan di industri makanan lebih cepat karena lebih mudah terjual habis.

Sebagai aturan, kamu dapat memulai bisnis waralaba dari jumlah nominal tertentu. Banyak juga yang menyediakan paket lengkap materi promosi seperti gerobak dan spanduk.

5. Bisnis Pre-order Kaos dan Merchandise

Bisnis Pre-order (sumber: Freepik)

More Coverage:

Mau modal kecil bahkan nol rupiah? Ide ini adalah jawabannya. Dalam sistem pre-order (PO), kamu tidak memerlukan modal produksi karena pelanggan sudah membayarnya terlebih dahulu. Namun, kamu perlu meningkatkan daftar kamu dan membangun banyak kepercayaan dengan pembeli potensial jika kamu ingin bisnis kamu laku.

Kamu juga bisa pre-order kaos atau merchandise unik dengan harga tertentu. Misalnya, mengambil pangsa pasar penggemar K-Pop di Indonesia. Untuk berbisnis dengan ide ini, kamu juga membutuhkan jaringan yang kuat, misalnya dengan retailer. Jika kamu bisa mengalahkan penjual atau mencocokkan harga secara langsung, itu akan sangat menguntungkan kamu nantinya.

Demikianlah informasi yang berisi tentang ide bisnis dengan modal kecil, namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Setelah kamu memutuskan bisnis apa yang ingin kamu lakukan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal. Semoga artikel ini membantu kamu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again