1. DScovery

Iklan Adalah: Pengertian, Contoh, Jenis, Tujuan, dan Medianya

Iklan tidak hanya digunakan untuk mempromosikan suatu produk tapi juga sebagai media menyampaikan pesan ke audiens.

Iklan merupakan suatu hal yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk. Dengan adanya iklan, calon konsumen bisa mengenali informasi mengenai kelebihan dan daya tarik suatu produk yang dapat mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Lantas, apa yang dimaksud dengan iklan dan apa saja jenis-jenis, tujuan dan media yang digunakannya? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Apa yang Dimaksud dengan Iklan?

Iklan adalah suatu hal yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk. Lebih lengkapnya, iklan merupakan sebuah pesan yang disampaikan ke publik dengan tujuan untuk memengaruhi publik dan mengajak mereka untuk membeli suatu produk atau menggunakan layanan jasa tertentu.

Iklan tidak selalu bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, melainkan juga dapat digunakan untuk mengajak seseorang melakukan suatu hal. Misalnya, ajakan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik,

Jenis-Jenis Iklan

Iklan dibagi menjadi dua jenis berdasarkan tujuannya, yakni iklan institusi dan iklan produk.

Iklan Institusi (Institutional Advertising)

Iklan institusi adalah iklan yang didesain bukan untuk mempromosikan suatu produk tertentu, melainkan untuk menambah citra perusahaan. Iklan ini bertujuan untuk menghasilkan perspektif mengenai inti persoalan atau menepis isu-isu yang berkembang di media.

Iklan Produk (Product Advertising)

Iklan produk adalah iklan yang sering ditemui. Iklan ini bertujuan untuk mempromosikan suatu produk, baik secara konvensional maupun digital.

Tujuan Iklan

Iklan memiliki empat tujuan, antara lain:

1. Memasarkan Produk

Umumnya, iklan digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan jasa. Iklan berfungsi untuk membuat audiens mengenal produk dan jasa yang dipromosikan, agar menghasilkan penjualan sesuai target yang diharapkan.

2. Menghasilkan Penjualan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, iklan bertujuan untuk mempromosikan suatu produk maupun jasa. Untuk itu, iklan harus dibuat semenarik mungkin agar calon konsumen tertarik dan melakukan pembelian.

3. Membangun Awareness

Iklan juga bertujuan untuk membangun awareness terhadap suatu produk atau brand tertentu. Oleh sebab itu, iklan sangat efektif terutama dalam mempromosikan produk maupu brand yang masih tergolong baru.

4. Membangun Citra

Terakhir, iklan bertujuan untuk membangun citra perusahaan. Pasalnya, produk maupun jasa yang biasa dipromosikan dalam iklan adalah cerminan atau wajah dari perusahaan itu sendiri. Jika produk tersebut semakin dikenal masyarakat, maka citra perusahaan juga akan semakin meningkat.

Media untuk Mempromosikan Iklan

Media adalah unsur terpenting dalam iklan, karena media menjadi sarana untuk mempromosikan dan memasarkan suatu produk tertentu. Berikut adalah beberapa media yang biasa digunakan dalam periklanan.

1. Media Cetak, meliputi koran, majalah, tabloid, maupun brosur.

2. Media Elektronik, meliputi radio dan televisi.

3. Media Interaktif, meliputi segala hal yang ada di internet termasuk media sosial.

4. Media Alternatif, meliputi iklan di video YouTube, baliho, hingga iklan di tempat-tempat umum seperti halte maupun stasiun.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai iklan. Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa iklan merupakan sarana untuk menginformasikan dan mempromosikan suatu produk maupun pesan kepada audiensnya dengan memanfaatkan media tertentu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again