1. DScovery

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Iklan layanan masyarakat dapat menarik perhatian pada suatu topik yang menjadi kepentingan publik.

Sering kita jumpai iklan di radio atau televisi yang tidak hanya menawarkan produk tetapi menyampaikan pesan.

Iklan ini disebut Pengumuman Layanan Masyarakat (PSI) dan dapat menarik perhatian pada suatu topik yang menjadi kepentingan publik.

Berikut ini penjelasan tentang iklan, manfaatnya dan beberapa contohnya.

Tentang Iklan Layanan Masyarakat

Iklan sering ditampilkan di berbagai media. Pengaturan tentang periklanan tertuang dalam Undang-Undang (UU) No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Siaran iklan yang dimaksud dalam peraturan ini adalah siaran informasi komersial dan siaran layanan masyarakat tentang ketersediaan jasa, barang, dan gagasan yang dapat digunakan oleh masyarakat dengan memungut biaya atau cuma-cuma bagi lembaga penyiaran yang bersangkutan.

Iklan dapat dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah iklan layanan masyarakat. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002, Iklan Layanan Masyarakat adalah iklan nonkomersial yang disiarkan melalui siaran radio atau televisi dengan tujuan untuk menyajikan, mensosialisasikan, dan/atau mempromosikan gagasan, cita-cita, usul, dan/atau pesan lain kepada masyarakat untuk mempengaruhi masyarakat.

Iklan layanan masyarakat dapat berisi petunjuk yang ditujukan kepada masyarakat berupa perintah, larangan, himbauan, dan saran. Biasanya, iklan ini ditampilkan dengan gambar dan teks. Pengumuman publik juga dikenal sebagai Public Service Announcement (PSA).

Kriteria Layanan Masyarakat

Mengutip buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster (2020), terdapat beberapa kriteria iklan layanan masyarakat, yaitu:

  • Tidak bersifat komersil.
  • Bersifat umum.
  • Diperuntukan bagi semua lapisan masyarakat.
  • Diajukan oleh organisasi yang diterima atau diakui.
  • Memiliki dampak dan kepentingan tinggi.

Berdasarkan UU No. 32 Tahun 2002, lembaga penyiaran publik harus menyediakan waktu untuk penayangan iklan layanan masyarakat. Waktu transmisi siaran iklan layanan masyarakat oleh lembaga penyiaran swasta paling sedikit 10% dari waktu siaran iklan komersial. Pada saat yang sama, lembaga penyiaran publik menawarkan setidaknya 30 persen program mereka melalui iklan.

Manfaat Iklan Layanan Masyarakat

1. Merubah Masyarakat

Iklan layanan masyarakat telah digunakan di beberapa negara untuk memperbaiki masalah yang berkaitan dengan kebiasaan masyarakat atau perubahan nilai.

2. Mengusulkan solusi

Iklan layanan masyarakat juga dapat menggerakkan solidaritas masyarakat sebagai solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. Masalah ini biasanya berkaitan dengan kehidupan masyarakat.

3. Mengingatkan

Layaknya iklan komersial yang terus mengingatkan calon pembeli, iklan layanan masyarakat juga memiliki manfaat untuk mengingatkan pendengarnya. Tetap memberi tahu pendengar dan melacak proposal atau pesan layanan masyarakat dari waktu ke waktu.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Contoh iklan layanan masyarakat diantara lain adalah iklan keluarga berencana, bahaya merokok, narkoba, hemat energi, hemat air, hemat listrik, dan sebagainya. Contoh iklan layanan masyarakat dapat dipahami sebagai

bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id
Dok. Kemdikbud dan Kemenkes

Nah, itulah mengenai iklan layanan masyarakat yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again