19 November 2012

by wiku

Infografik Perjalanan Fotografi, Dari Analog ke Instagram

Mengamati perkembangan fotografi akan sangat menarik, apalagi dengan masuknya era digital serta aplikasi dan layanan berbasis fotografi yang bisa diakses dan digunakan dari perangkat mobile, smartphone atau tablet. Infografik di artikel ini mencoba menampilkan perjalanan fotografi dari analog ke dunia digital, termasuk ke jejaring sosial Facebook, Twitter, Tumblr dan layanan Instagram.

Infografik yang dibuat oleh Overgram ini juga menampilkan beberapa data menarik untuk perkembangan fotografi di dunia digital atau aplikasi. Seperti ada 73% dari 741 juga pengguna mobile yang menggunakan perangkat untuk mengambil foto dan mengirim pesan, dan 54% mengirimkan foto dan video ke relasi lain.

Kemudian ada 26 foto yang diungah ke Instagram setiap detik, 5 filter paling populer dari layanan ini adalah Normal, Early Bird, X-Pro II dan Rise. Sedangkan dari Facebook, 70% dari semua aktivitas di Facebook berbasiskan foto, Facebook kini memiliki 10.000 lebih banyak foto dari Library of Congress, dan ada 300 juta foto yang diunggah ke Facebook setiap harinya. Selain dunia digital, infografik ini juga mencatat perjalanan dari pertama kali foto 'dilahirkan' serta perkembangannya ke foto digital.

Berikut infografik yang dibuat oleh Overgram, sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan teks ke foto.

Sumber: Mashable dan Whudat.