Ini Daftar Perangkat Chromebook Terbaru Besutan Asus, Acer dan Dell

Dalam perhelatan event Intel yang digelar di San Fransisco, muncul sejumlah perangkat Chromebook baru yang diumumkan oleh sejumlah vendor seperti Asus, Acer dan tentunya Dell yang tak mau ketinggalan untuk ambil bagian. Berikut adalah daftar Chromebook baru yang berhasil TRL rangkum.

Yang patut menjadi pusat perhatian adalah munculnya dua perangkat Chromebook pertama yang berbekal prosesor Intel Core i3 generasi keempat berbasis Bay Trail-M. Dell dan Acer adalah dua vendor yang pertama kali mengusung prosesor tersebut, tak pelak kedua vendor ini menjadi perbincangan di sejumlah media yang meliput.

Dell mengumumkan jagoan dari model Chromebook 11, mengusung prosesor Core i3 generasi keempat. Sayang belum banyak spesifikasi yang bisa digali, namun jika melihat sejarah perangkat model ini, tentu tak ada yang meragukan kualitasnya. Dell memastikan Chromebook dengan Core i3 generasi keempat mereka mulai dipasarkan tahun 2014 ini.

Sementara Acer mengumumkan Chromebook C720 baru, perangkat ini juga sudah menggunakan prosesor Core i3 generasi keempat. Selain prosesor terbaru, Chromebook C720 mendapatkan pembaruan berupa performa dan baterai yang lebih tahan lama berkat silikon terbaru. Perangkat ini diperkirakan mulai tersedia di pasar saat musim sekolah baru dimulai dengan banderol mulai $349.99.

 

Info Menarik: Nokia Masuk Ke Industri Otomotif Pintar Melalui Proyek Connected Car

 

Vendor lain yang juga mengumumkan model Chromebook baru adalah Asus. Vendor asal Korea ini mengumumkan dua jagoan Asus Chromebook C200 dan C300. Masih sama, kedua perangkat juga dibekali prosesor Intel Bay Trail-M yang super hemat. Meski mengusung prosesor yang sama namun keduanya berbeda dalam hal ukuran layar. C200 berukuran 11.6 inci sementara C300 berukuran 13.3 inci.

Keistimewaan lain yang disematkan di kedua Chromebook ini adalah komponen WiFi super cepat 802.11ac dual-band, Bluetooth 4.0, HDMI output dan juga port USB 3.0. Keduanya diprediksi akan menjamah pasar di akhir bulan depan dengan banderol mulai $249.99.

Selain prosesor generasi terbaru dari Intel dan sejumlah perangkat Chromebook terbaru, HP juga menghadirkan sesuatu yang tak kalah menarik di tengah perhelatan event Intel di San Fransisco. Yaitu HP Chromebox, sebuah perangkat komputer desktop pertama yang berbasis Chrome.

HP Chromebox pertama kali muncul ke permukaan pada Februari silam, meskipun berukuran mini tapi perangkat ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Misalnya WiFi, Bluetooth, USB 3.0 dan prosesor Intel Haswell. HP mengkonfirmasi jagoan uniknya ini akan merambah pasar mulai Juni tahun 2014.

LG juga unjuk gigi dengan memperkenalkan perangkat All in One PC bernama LG Chromebase, desktop serba lengkap dengan sistem operasi Chrome seperti halnya HP Chromebox.

Menariknya, LG Chromebase justru sudah lebih dahulu mendarat di negeri kanguru, Australia dengan layar berukuran besar 21,5 inci. Untuk dalaman LG menyerahkannya ke prosesor Intel Celeron 2955 berbasis Haswell. Kapasitas RAM 2GB dan SSD 16GB menjadi sajian pelengkap LG Chromebase yang dibanderol $349.99 ini.

 

Info Menarik: Seagate Kembali Rilis Eksternal Hard Drive Model Wireless Plus, Kini Berkapasitas 500GB dan 2TB

 

Per 26 Mei mendatang Anda sudah bisa menemukan LG Chromebase di toko-toko online ternama, salah satunya adalah Amazon.

Amunisi paling menonjol semua model Chromebook yang sudah TRL sebutkan di atas adalah generasi prosesor yang digunakan; Intel Core i3 generasi keempat berbasis Bay Trail-M. Google dan Intel mengklaim bahwa sistem operasi Chrome bekerja dengan lebih baik di prosesor Intel, bahkan aplikasi web diklaim bekerja 4 kali lebih cepat.

Tak heran jika penggunaan prosesor terbaru di Chromebook berhasil menarik perhatian berjuta pasang mata. Sekarang tinggal menunggu apakah pembeli sepakat dengan apa yang diyakini oleh sejumlah vendor dan pengamat.

Sumber berita Ubergizmo [1 , 2 & 3]