1. Lifestyle

Ini Dia Game Untuk Para Hijabers, Hijab Makeup Salon

Saat ini tren mode dan fashion untuk hijab semakin berkembang. Komunitas yang biasa memadukan fashion terkini dengan hijab yang mereka gunakan sering disebut dengan hijabers.

Seiring dengan pertumbuhan mode dan fashion tersebut, Mom Interactive merilis game bertema mix and match style dengan judul 'Hijab Makeup Salon'.

Memainkan game ini terbilang sangat mudah. Pemain hanya perlu memasangkan berbagai model hijab di dalam game. Lalu kita juga bisa mengatur warna yang dari hijab yang digunakan.

Tak hanya itu, pemain juga bisa merias model di game dengan beberapa jenis riasan seperti warna kulit, warna bola mata, eye shadow, maskara, model alis, lipstik, dan lain sebagainya. Setelah pemain puas dengan mode yang dibuat, mereka bisa menyimpan hasil riasan ke dalam smartphone atau membagikan ke media sosial.

Kelebihan dari game ini adalah visualnya yang enak dilihat mata. Gaya visualnya sangat cocok untuk game bertipe fashion untuk perempuan. Game dengan tema hijab sendiri masih sangat langka, sehingga game ini kemungkinan akan cukup dicari oleh para hijabers.

 

Info menarik: Game Android Pilihan 24 – 30 November 2014

 

Game ini juga menyediakan banyak sekali kostumisasi yang bisa pemain lakukan untuk merias model, termasuk juga kombinasi fashion hijab sesuai dengan selera pemain. Model hijab yang bisa dipilih juga memungkinkan untuk dijadikan referensi bagi para hijabers untuk mencoba model baru.

Setelah melihat sisi kelebihan yang disediakan game, sayangnya game ini juga masih memiliki beberapa kekurangan, setidaknya dari pengamatan saya. Misalnya saja, meski telah memberikan cukup banyak kustomisasi namun kostumisasi yang ada masih terlalu terpaku dengan template sehingga kurang membuat pengguna bebas berkreasi.

Proses pewarnaan makeup juga terkadang terasa kurang jelas efek dari memilih warna terhadap hasil akhir model seperti apa. Selain itu, yang menurut saya agak menggangu adalah tampilan iklan intertisial yang muncul tiap waktu tertentu di layar.

Meski bisa dimengerti karena ini adalah game gratisan namun hal ini terasa cukup menggangu, apalagi penempatan demikian memungkinkan pengguna secara tidak sengaja men-tap iklan tersebut dan pindah ke halaman iklan. Menurut saya model seperti ini agak kurang etis, mungkin model iklan banner di dalam game bisa lebih tepat untuk digunakan.

 

Info menarik: 15 Game Yang Paling Diinginkan Gamers di Asia Tenggara Untuk Musim Liburan

 

Beberapa saran yang bisa saya sampaikan untuk pengembangan lebih lanjut game 'Hijab Makeup Salon' ini antara lain penambahan kostumisasi bentuk wajah, karena tiap bentuk wajah tentu berbeda model hijab dan makeup yang dapat digunakan.

Lalu bisa diberikan obyektif atau semacam target dari game ini, misalkan ada tema-tema tertentu dimana pemain harus menyesuaikan tampilan sesuai dengan tema yang ada.

Selain itu proses memilih warna dan memberikan makeup juga bisa dibuat lebih fleksibel seperti proses mewarnai menggunakan brush. Dan yang paling penting adalah terus perbanyak koleksi hijab dan template makeup yang ada di dalam game ini.

Untuk versi awal, menurut saya game ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, mengingat Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, jadi pasarnya cukup luas. Tak hanya itu, komunitas hijabers juga merupakan komunitas yang aktif dan terus berkembang, sehingga game ini bisa sangat bermanfaat bagi para hijabers.

Satu yang pasti, game ini harus terus dikembangkan sambil mendengar feedback dari para penggunanya, hal ini dilakukan agar kualitasnya bisa semakin baik lagi.

Game 'Hijab Makeup Salon' ini sudah bisa diunduh di Google Play (link di sini) secara gratis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again