12 February 2015

by Glenn Kaonang

Ini Dia Mobil Anti Banjir dengan Kemampuan ala Transformers

Banjir masih menggenangi sejumlah titik di belantara nusantara. Sistem transportasi pun mengalami kendala. Mobil-mobil mewah berharga miliaran belum mampu menyelamatkan pemiliknya dari serangan banjir. Alternatifnya? Kita bisa membeli speedboat, akan tetapi konyol rasanya kalau kita harus menyimpan sebuah speedboat di dalam garasi.

Bagaimana dengan mobil amfibi? Sama seperti hewan amfibi, mobil jenis ini pada prinsipnya dirancang untuk bisa membawa penumpangnya merintangi daratan dan air. Mungkin inilah solusi sejati untuk menghadapi banjir.

Sebuah perusahaan asal Kalifornia bernama WaterCar – dari namanya saja sudah sangat kentara spesialisasinya – memiliki mobil amfibi yang amat istimewa. Dinamai Panther – jangan dibuat bingung dengan Isuzu Panther – mobil ini dirancang dengan kemampuan ala robot-robot di film Transformers. Ia dapat berubah wujud menjadi sebuah speedboat hanya dalam waktu 15 detik.

 

Info menarik: Egoista, Mobil Balap Ramah Lingkungan

 

Dalam kondisi normal, mobil anti banjir ini memiliki wujud yang tidak jauh berbeda dari Jeep Wrangler. Namun saat rodanya terangkat menggunakan sistem hidrolis, tampak bagian bawahnya yang melengkung dengan ujung depan meruncing, persis seperti lambung kapal milik speedboat pada umumnya.

Sasisnya terbuat dari baja komposit yang dilebur dengan material chromium dan molybdenum sehingga bobotnya cukup ringan di angka 1.338 kg. Sasis ini kemudian diselipkan ke dalam lambung kapal yang terbuat dari bahan fibreglass, mirip seperti yang digunakan oleh mobil-mobil balap Formula 1. Lambung kapal ini juga diisi dengan closed-cell styrofoam agar sang mobil dapat terus mengapung di atas air.

Di darat, kecepatan mobil anti banjir ini bisa mencapai sekitar 130 km/jam, sedangkan di atas air, kecepatan maksimumnya berkisar 70 km/jam – setara mayoritas speedboat. WaterCar Panther ditenagai oleh mesin V6 VTEC buatan Honda yang memiliki kapasitas 3,7 liter dan output daya maksimum sebesar 305 hp.

 

Info menarik: 5 Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Smartphone Jadi Korban Banjir

 

WaterCar Panther sejatinya dirancang untuk empat penumpang yang ingin bertamasya ke pantai tanpa harus mengusung jet ski untuk masing-masing orang. Akan tetapi saya kira tidak ada salahnya menggunakan mobil ini untuk menantang jalanan yang banjir.

WaterCar Panther dipasarkan dalam dua varian yang berbeda. Harga untuk varian tertingginya adalah $155.000, atau hampir 2 miliar rupiah. Sepintas memang terkesan mahal, akan tetapi SUV (sport utility vehicle) mewah, seperti Porsche Cayenne yang juga dihargai sekitar 2 miliar rupiah, besar kemungkinan masih akan ‘terlumpuhkan’ oleh genangan air.

Masih penasaran dengan aksinya? Simak video berikut.

Sumber: WaterCar via Mail Online.