6 April 2016

by Oki Rosgani

Inilah 7 Smartphone Meizu Yang Akan Ramaikan Pasar Selama 2016

Terungkap melalui bocoran roadmap yang menginformasikan spesifikasi dan harga yang akan diusung oleh masing-masing smartphone tersebut.

Meizu telah menjadi pabrikan smartphone yang terbilang sangat produktif dalam menelurkan sejumlah produknya. Bahkan untuk saat ini pabrikan smartphone asal Tiongkok ini mungkin telah menjadi batu sandungan bagi sebagian produsen lainnya, termasuk rival sekampungnya, Xiaomi.

Selain hadir dengan desain yang cukup menawan, sejumlah smartphone Meizu juga kerap ditawarkan dengan harga yang relatif murah dengan kualitas dan spesifikasi yang sangat baik.

Tak heran jika pada tahun 2016 ini pihak Meizu telah menyiapkan sejumlah amunisi baru untuk bisa bersaing di pasaran, tidak hanya untuk pasar di dalam negerinya sendiri namun sejumlah produk smartphone besutannya juga telah disiapkan untuk bisa bersaing di pasar global.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari situs GizChina, pihak Meizu telah menyiapkan sedikitnya 7 (tujuh) buah model smartphone yang siap untuk meramaikan pasar selama tahun 2016 ini.

Dari data yang terungkap melalui roadmap Meizu, sejumlah smartphone yang akan hadir selama tahun 2016 itu adalah; Meizu M3, Meizu M3 Note, Meizu Metal 2, Meizu MX6 Mini, Meizu MX6, Meizu Pro 6 Mini dan Meizu Pro 6.

Kehadiran bocoran roadmap ini juga semakin menarik lantaran ia tidak hanya menampilkan informasi singkat mengenai spesifikasi yang akan diusung oleh smartphone tersebut, namun juga telah hadir dengan harga jual yang akan dikenakan untuk masing-masing smartphone tersebut.

Dari bocoran roadmap tersebut diketahui bahwa smartphone Meizu M3 akan hadir dengan layar berukuran 5 inci serta dukungan RAM 2GB, smartphone yang sebelumnya sempat terungkap melalui bocoran foto ini juga akan mengusung baterai berkemampuan 2,800 mAh. Varian dengan kapasitas penyimpanan internal 16GB akan ditawarkan dengan harga 599 yuan, sedangkan varian dengan kapasitas memory internal lebih besar yakni 32GB akan ditawarkan dengan harga 799 yuan. Jika dirupiahkan, masing-masing dari varian smartphone itu akan ditawarkan dengan harga Rp 1,2 jutaan dan Rp 1,6 jutaan untuk tiap unitnya.

Sementara itu smartphone Meizu M3 Note yang hadir dengan kapasitas memory internal 16GB akan dibanderol dengan harga 799 yuan (Rp 1,6 jutaan) dan untuk varian yang hadir dengan kapasitas memory internal sebesar 32GB akan ditawarkan dengan harga 999 yuan atau setara dengan Rp 2 jutaan per unitnya. Smartphone M3 Note ini akan diotaki dengan prosesor MediaTek Helio P10 yang  ditenagai dengan baterai berkapasitas 3200 mAh.

Sedangkan bagi para pengguna yang menyukai smartphone dengan body berbahan logam, pihak Meizu telah menyiapkan smartphone Meizu Metal 2 yang akan hadir dalam tiga varian kapasitas penyimpanan yakni 16GB, 32GB dan 64GB. Namun demikian, ketiga varian itu memiliki besaran RAM yang sama yakni 3GB. Smartphone yang mengusung layar 5.5 inci ini juga dilengkapi dengan sensor pembaca sidik jari Meizu mTouch 3.0 sebagai salah satu fitur keamanannya.

Sementara itu, smartphone Meizu MX6 Mini akan hadir dengan bentang layar 4,7 inci. Ukuran layar ini sama dengan smartphone Meizu Pro 6 Mini yang hadir dengan resolusi layar 1080 piksel dan RAM sebesar 4GB. Smartphone MX6 Mini akan ditawarkan dengan harga 1499 yuan atau setara dengan harga Rp 3 jutaan. Sedangkan Meizu Pro 6 Mini ditawarkan dengan harga 1999 yuan atau setara dengan Rp 4 jutaan per unitnya.

Versi reguler dari smartphone Meizu MX6 akan hadir dengan ukuran RAM yang sama dengan dua smartphone di atas, hanya saja smartphone ini memiliki penampang layar 5,5 inci. Baik smartphone Meizu Metal 2, MX6 dan MX6 Mini ketiganya akan diotaki dengan prosesor yang sama yakni Helio X20 racikan Mediatek.

Sedangkan untuk smartphone Meizu Pro 6 Mini yang hadir dengan bentang layar 4,7 inci beresolusi 1080 piksel akan diotaki dengan prosesor Helio X25, sedangkan versi regulernya yakni Meizu Pro 6 yang memiliki layar berukuran 5,7 inci serta resolusi 2K akan diotaki dengan prosesor Exynos 8890 dan didukung dengan RAM sebesar 4GB hingga 6GB. Namun begitu, kedua varian Meizu Pro 6 ini akan memiliki dukungan fitur audio hi-fi dan NFC di dalamnya.

Sejumlah model dari 7 buah smartphone di atas bahkan telah hadir sebagai rumor dan bocoran gambar, beberapa di antaranya adalah Meizu Pro 6 yang akan memiliki fitur tekenologi berbasis sentuhan 3D Touch dan Meizu M3 Note yang digadang-gadang akan siap menjegal kehadiran Huawei P9 Lite.

Sumber: GizChina | Gambar Header: Ilustrasi smarphone Meizu