1. Lifestyle

Inilah Fitur Baru Windows 10 Untuk Ponsel Versi Technical Preview

Microsoft akhirnya meluncurkan iterasi berikutnya Windows 10 Untuk Ponsel versi technical preview ke lebih banyak pengguna Windows Phone.

Kehadiran build terbaru ini sudah ditunggu-tunggu karena sudah hampir 2 bulan lamanya sejak rilis preview pertama untuk ponsel. Melihat pergerakan yang lebih banyak untuk Desktop, para pengguna Windows Phone tentunya sudah tidak sabar untuk ikut mencicipi fitur baru yang dijanjikan.

Inilah fitur baru Windows 10 Untuk Ponsel dengan kode build 10051 :

  • Project Spartan: Versi yang dibenamkan kali ini adalah versi awal Porject Spartan yang mencakup fitur Reading View dan Reading List. Project Spartan sudah menggunakan mesin rendering terbaru dari Microsoft. Project Spartan belum menjadi default peramban karena pada Windows 10 untuk Ponsel ini masih tersedia Internet Explorer 11.
  • Aplikasi Mail dan Calendar: Aplikasi bawaan email dan kalender untuk Windows 10 adalah Outlook Mail dan Outlook Calendar. Aplikasi ini tentu saja menawarkan tampilan baru dan memang mengimplementasikan gaya hamburger layaknya aplikasi di platform lain. Outlook Mail menggunakan swipe gestures untuk interaksi utama terhadap data email, seperti untuk proses menghapus, memberikan tanda, atau menandai sudah membaca. Outlook Mail juga dilengkap dengan mode menulis email yang lebih lengkap layaknya aplikasi Word, seperti melakukan formatting, menambah gambar, menambah table, dan menambah bullet list. Outlook Mail dan Calendar dapat terhubung ke Office365, Exchange, Outlook.com, Gmail, Google Calendar, Yahoo!, IMAP, POP dan akun popler lainnya. Perlu diingat, fitur email+account pada Setting App kini dihilangkan karena seluruh proses terkait account dilakukan langsung di dalam aplikasi.
  • Aplikasi Phone dan Messaging: Aplikasi bawaan ini kembali menggunakan gaya tampilan menu baru. Pada aplikasi messaging, pengguna dapat bertukuar mode antara mode pesan dan mode voice call hanya dengan satu kali klik.
  • Aplikasi People: Aplikasi People juga menggunakan desain baru dan akan berfungsi sebagai pusat daftar kontak pada perangkat Anda. People terhubung ke Exchange, Outlook, Gmail dan Facebook.
  • Aplikasi Peta: Aplikasi Peta juga menggunakan desain baru dan tetap menawarkan fitur lengkap yang dibutuhkan untuk keperluan navigasi. Bing Maps dan HERE maps terintegrasi dalam satu aplikasi untuk Windows
  • App Switcher: App Switcher digunakan untuk beralih secara cepat diantara aplikasi-aplikasi yang sedang dibuka. Pada build ini App Switcher menggunakan desain baru dan mendukung hingga 15 aplikasi.

Salah satu screenshot Windows 10 for Phone terbaru. Sumber: WindowsCentral

 

Untuk build terbaru ini perangkat Lumia ICON, 930 dan 640 XL belum mendapatkan dukungan. Karena ini versi preview, sobat Trenogoers harus memahami bahwa akan banyak hal-hal yang ditemukan selama menggunakan Windows 10 untuk Ponsel. Jadi Anda perlu paham betul resikonya, jika ingin mengggunakannya pada perangkat utama Anda.

Beberapa bug yang cukup mengganggu misalnya adalah mode flight sekarang tidak bisa diaktifkan, fitur Call+SMS filtering tidak berjalan dan Anda tidak bisa menonaktifkan data connection.

Sumber: Windows Blog, Gambar Windows Central.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again