Inilah Strategi Baidu Menggaet Pasar Indonesia

Baidu sebagai sebuah perusahaan berbasis teknologi dari negara Tiongkok semakin memantapkan langkahnya tanah air. Produk andalan mereka, Baidu Browser, secara total telah diunduh hingga 100 juta kali dari seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, penggunanya mencapai empat juta orang. Dengan pertumbuhan tersebut, Baidu Indonesia optimis menjaring pengguna hingga 10 juta orang di akhir tahun ini. Strategi apa yang digunakan oleh Baidu untuk menggaet pasar Indonesia yang dianggap berpotensi besar?

Banyaknya jumlah penduduk dan tingginya angka pengguna internet menjadikan Indonesia sebagai salah satu penyumbang traffic Baidu Browser terbesar di dunia dalam waktu kurang dari setahun. Hal tersebut menginspirasi Baidu mempromosikan produk-produk mereka di Indonesia dengan merangkul para pengguna dalam serangkaian kegiatan-kegiatan yang menarik.

Pertengahan tahun ini, Baidu Indonesia secara resmi memperkenalkan Baidu PowerUP. Sebuah pesta teknologi yang meriah bertujuan untuk menginspirasi masyarakat, membantu kegiatan sehari-hari dengan memperdayakan teknologi di sekitar mereka. Di Baidu PowerUP, pengunjung dapat bermain games interaktif, membawa pulang gadget canggih masa kini, laptop, dan lain-lain. Pesta Baidu PowerUP ini akan diselenggarakan di berbagai kota di seluruh dunia, Tidak hanya perangkat keras, pengunjung juga bisa memenangkan software andalan Baidu seperti Baidu PC Faster, Baidu Spark Browser, Baidu Browser, DU Battery Saver, DU Speed Booster.

Kemudian demi menyemarakkan pesta sepak bola empat tahunan, Baidu Indonesia meluncurkan Miss Soccer 2014 yang bertepatan dengan euforia Piala Dunia 2014. Miss Soccer 2014 adalah ajang pemilihan remaja putri yang tidak hanya mempunyai paras yang menarik tetapi juga memiliki jiwa sporty, serta semangat dan kreativitas yang tinggi. Proses registrasi dan seleksi dilakukan secara online melalui Baidu Browser di perangkat Android, atau bisa juga melalui portal Hao123.com.

Setelah melalui serangkaian tahap penjurian, Baidu memutuskan tiga pemenang utama yang berhak mendapatkan uang tunai dengan total Rp 40 juta. Untuk mengapresiasi para voters yang menggunakan Baidu Browser atau Hao123 untuk memilih Miss Soccer 2014, Baidu Indonesia telah menyediakan hadiah berupa tablet Samsung, smartphone Samsung, tiket nonton, voucher seluler, dan uang tunai.

Di penghujung laga pamungkas Piala Dunia 2014, Baidu Indonesia juga menghelat sebuah acara menyaksikan pertandingan bersama dengan tajuk Nobar In The Sky di Bekasi Square beberapa hari yang lalu (14/7). Turut didukung oleh DailySocial dan Bolalob, acara ini sukses menarik 2000 pengunjung yang antusias mendukung tim kesayangan mereka hingga santap sahur. Tidak hanya offline, acara ini juga sempat menorehkan tagar #NobarInTheSky sebagai worldwide trending topic.

Berakhirnya Piala Dunia 2014 tidak menjadikan upaya Baidu demi menghadirkan kegiatan-kegiatan positif untuk masyarakat Indonesia juga turut berakhir. Mereka terus berkomitmen memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna internet di Indonesia melalui inovasi dan teknologinya.

[Ilustrasi foto: Flickr/simone.brunozzi]

-

*) Artikel ini adalah Advertorial yang disponsori oleh Baidu Browser. Baidu Browser provides a new mobile browsing experience! Download Baidu Browser: link.