29 January 2015

by Oki Rosgani

Inilah Tablet 2-in-1 Yang Bisa Jalankan OS Ubuntu dan Windows 8.1

Tidak banyak perangkat tablet dipasaran yang memiliki kemampuan untuk menjalankan dua buah sistem operasi di dalamnya, salah satu perangkat tablet besutan Mobie Oy ini memiliki kemampuan tersebut.

Tablet 2-in-1 buatan perusahaan asal Finlandia ini selain dapat berjalan dengan sistem operasi Windows 8.1 juga dapat melakukan booting dengan sistem operasi Ubuntu Linux.

Perangkat tablet 2-in-1 bertajuk Mobie ini memiliki dua buah versi yang ditujukan untuk para profesional dan pelajar, sesuai peruntukannya, masing-masing model tentu memiliki fungsi dan fitur yang sedikit berbeda, namun keduanya memiliki kemampuan yang sama, dapat melakukan dual-booting antara Windows 8.1 dan Ubuntu 14.04 LTS.

Mobie Oy telah menghadirkan tablet tersebut dengan tiga buah ukuran layar berbeda yakni 8 inci, 10.1 inci dan11.6 inci. Dua model pertama diotaki dengan prosesor Core-i3, atau Core-i5, perangkat tablet ini didukung dengan kapasitas memory 2GB, media penyimpanan internal sebesar 64GB, jika masih kurang pengguna bisa menambahkan memory tambahan sebesar 64GB melalui slot kartu SD yang tersedia.

 

Info menarik: Moment Case, Casing Keren untuk Para iPhoneographer

 

Karena lebih ditujukan untuk pelajar, perangkat tablet ini hadir dengan perangkat lunak bernama OnEdu serta beberapa aplikasi pendidikan lainnya yang telah  siap untuk digunakan oleh para pelajar, perangkat ini ditawarkan dengan harga US$786.

Versi lainnya hadir dengan spesifikasi lebih tinggi, yang disebut sebagai Mobie OnEdu Server yang diotaki dengan prosesor Intel Core-i7, kapasitas memory-nya juga hadir lebih besar yakni 8GB dengan media penyimpanan berupa SSD berukuran 128GB serta layar yang lebih lebar berukuran 11,6 inci berkemampuan Full HD.

Menariknya, perangkat ini memiliki kemampuan untuk digunakan sebagai WiFi Hotspot dengan 50 buah client yang bisa terhubung ke jaringan WiFi miliknya. Dengan beberapa kemampuan dan spesifikasi yang lebih tinggi, perangkat Mobie Oy OnEdu Server ini ditawarkan dengan harga yang sedikit lebih mahal yakni US$ 1359.

Kedua model juga hadir dengan pilihan warna-warni yang lebih ceria seperti biru muda, merah, dan kuning.

Untuk memudahkan pengguna melakukan input tersedia pena stylush dan keyboard dengan trackpad yang terpasang pada bagian bawahnya yang juga berfungsi sebagai penutup (cover) perangkat tablet tersebut saat tidak digunakan. Rencananya, perangkat tablet ini akan hadir ke pasaran pada bulan April atau Mei mendatang.

Sumber dan Gambar Header: Softpedia dan Reddit