Categories

Review

Fitur Video Instagram Ancam Kelangsungan Vine

Avi Tejo Bhaskoro - 25 June 2013

Instagram yang kini hadir dengan fitur berbagi video ke sesama penggunanya memang menjadi pembicaraan yang hangat oleh berbagai kalangan tech-enthusiast. Pasalnya, fitur terbaru Instagram yang disebut-sebut menyaingi aplikasi Vine ini, dikabarkan telah melakukan gebrakan yang sangat siginifikan, seperti mencapai jumlah 5 juta video dalam 24 jam dan segenap fitur yang konon tak dapat ditemui di pesaingnya, Vine. Seperti apa kehebatan fitur terbaru dari aplikasi yang kini dimiliki oleh Facebook ini?

Seperti yang sudah diberitakan oleh Trenologi, Instagram kini melayani fitur berbagi video ke sesama penggunanya. Dengan durasi yang  disediakan selama 15 detik, pengguna diberi keleluasaan mengedit tampilan video sesuka hati dan membagikannya ke teman sesama pengguna. Fitur-fitur yang dihadirkan dalam update terbaru dari Instagram ini diklaim mampu menyaingi Vine sebagai pesaingnya, dan bahkan fitur yang ada melampaui fitur yang tersedia di Vine, seperti durasi video yang lebih panjang dibanding Vine, fitur image stabilizer, filters, dan segenap fitur lainnya yang tak ditemukan di aplikasi Vine.

Sesaat setelah Instagram mengumumkan update fiturnya pada 21 Juni kemarin, respon yang didapat dari seluruh pengguna ternyata mendatangkan sangat baik. Terhitung sejak 24 jam peluncuran update terbarunya tersebut, Instagram telah berhasil mengumpulkan lima juta video dari penggunanya di seluruh dunia. Bukan tidak mungkin ini menjadi “senjata pembunuh” Instagram bagi Vine ke depannya.

Dengan hadirnya fitur video pada Instagram, Twitter sontak seperti kebakaran jenggot. Hal ini dibuktikan dengan berita yang dirilis oleh The Next Web yang melaporkan bahwa tidak lama setelah Instagram mengumumkan fitur videonya tersebut, Twitter secara langsung menyebarkan email ke seluruh penggunanya dan ke pihak media dalam rangka mempromosikan aplikasi Vine.

Terang saja, fitur yang diperkenalkan Instagram dalam update terbarunya tersebut dianggap “membahayakan” bagi kelangsungan hidup Vine. Padahal belum lama ini Twitter meluncurkan aplikasi Vine untuk Android yang membantunya untuk mendongkrak jumlah pengguna melampaui 13 juta orang.

Pembelian Instagram oleh Facebook senilai USD 700 juta beberapa waktu lalu terbukti merupakan sebuah keputusan yang sangat tepat. Dengan memiliki jumlah pengguna aktif sebanyak 130 juta, Instagram dinilai sebagai aplikasi yang berkembang dengan sangat pesat dilihat dari berbagai aspeknya. Berkaitan dengan kabar tersebut, Facebook juga mengumumkan bahwa pengguna Instagram telah berbagi lebih dari 16 milyar foto.

Pengembangan yang dilakukan oleh Instagram ini nampaknya akan menambah panjang daftar “persaingan” antara Facebook (Instagram) dengan Twitter (Vine), setelah sebelumnya Facebook mengadopsi fitur hashtag yang dipopulerkan oleh Twitter sejak beberapa tahun yang lalu, dan juga fitur verifikasi pengguna melalui verified pages yang bagi Twitter menjadi salah satu fitur utama penghasil pendapatan. Kini Facebook kembali mencoba untuk “menunggangi” pasar yang dimiliki Twitter dengan peluncuran fitur video dari Instagram.

Fitur video Instagram ini sudah dapat dinikmati para pengguna platform iOS dan Android melalui versi aplikasi Instagram yang terbaru.

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter