Categories

Gadget

Intel Compute Stick Resmi Hadir di Indonesia

Glenn Kaonang - 8 May 2015

Kabar menggembirakan datang dari Intel Indonesia. Komputer mungilnya yang diperkenalkan di ajang CES 2015 bulan Januari lalu, Intel Compute Stick, akan segera bisa dibeli di Indonesia dalam waktu dekat.

Kabar tersebut disampaikan pada hari Selasa (5/5/2015) lalu, dalam acara bertajuk "Intelligent Generations" yang dihelat di ibukota. Dalam acara yang bertepatan dengan ulang tahun ke-50 Hukum Moore tersebut, Intel Indonesia memamerkan jajaran inovasi terkininya di dunia komputasi, yang meliputi tiga produk: prosesor Intel Core generasi kelima, prosesor Intel Core M dan Intel Compute Stick.

Produk terakhir inilah yang sejatinya bakal amat menarik di mata konsumen. Buat yang belum tahu, Intel Compute Stick merupakan sebuah HDMI dongle yang berfungsi layaknya komputer desktop dengan sistem operasi Windows 8.1. Di dalamnya tertanam prosesor quad-core Intel Atom Z3735F, RAM 2 GB DDR3, SSD 32 GB, slot microSD, satu port USB 2.0 dan microUSB, chip Wi-Fi N dan Bluetooth 4.0.

Pada prakteknya, Intel Compute Stick bisa digunakan di mana saja selama ada TV/monitor HDMI, keyboard dan mouse nirkabel. Anda hanya perlu menancapkannya ke port HDMI milik TV/monitor, sambungkan keyboard dan mouse Bluetooth, maka ia siap Anda pakai untuk bekerja atau menikmati konten hiburan layaknya perangkat media streamer Google Chromecast.

Info menarik: Dimodali Desain Tanpa Bezel dan RAM 4GB, ZTE Nubia Z9 Resmi Meluncur

Sayangnya informasi dari rilis resmi, pihak Intel Indonesia belum memaparkan kepastian jadwal pemasaran maupun banderol harga Intel Compute Stick untuk pasar Indonesia. Tetapi informasi dari TeknoKompas menyebutkan bahwa perangkat ini akan hadir di pasar lokal sekitar bulan Juni dan akan dijual di bawah 2 juta rupiah.

Intel juga memiliki varian lain dari Compute Stick yang menjalankan OS berbasis Linux (Ubuntu) dengan sedikit penurunan spesifikasi, yakni RAM 1 GB dan SSD 8 GB. Versi yang barbasis Windows 8.1 sudah dipastikan akan hadir di Indonesia, namun untuk yang versi Ubuntu belum ada informasi detail.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter