1. Startup

Intel Gamer Days 2023 “Leap Beyond”: Sebuah Pengalaman Imersif dan Penuh Tantangan Seru

Diisi oleh berbagai event dan aktivitas menarik seperti ruang tematis, workshop, hingga turnamen esports

Produsen teknologi komputer kelas dunia, Intel, baru-baru ini menggelar sebuah event yang bertajuk “Intel Gamer Days Leap Beyond” di Jakarta. Event yang menyasar para gamers dan tech enthusiast ini, tak hanya berkaitan dengan produk unggulan Intel, namun juga menawarkan pengalaman, petualangan, dan adrenalin bagi para peserta.

Pengalaman Seru Intel Leap Beyond The Rooms

Salah satu daya tarik utama pada event yang diselenggarakan di Pos Bloc, Pasar Baru Jakarta Pusat pada 12 Agustus lalu adalah ‘Intel Leap Beyond The Rooms’, sebuah instalasi gaming room yang disuguhkan kepada para pengunjung, dengan suasana dan tantangan tematis yang berbeda.

Terdapat 5 (lima) gaming room tematis yaitu ‘Stay Cool’ dengan suasana layaknya padang pasir, ‘Hidden Forest’ dengan suasana hutan belantara, ‘Smoke Screen’ yang penuh dengan asap, ‘Snow Bound’ dengan lahan salju yang licin, serta terakhir ‘Red Room’ yang menghadirkan suasana horor khas rumah sakit berhantu yang mengajak memacu detak jantung.

Di dalam gaming room tematis tadi, pengunjung ditawarkan gamifikasi menarik dan berhadiah. Setelah berhasil melewatinya, sebuah mystery box menanti dengan kejutan hadiah menarik dari Intel seperti Prosesor Intel 13th Gen, VGA Card, Mouse, dan berbagai aksesori lainnya.

Intel Gamer Days Leap Beyond Esports dan workshop

Tantangan dan gamifikasi di Intel Gamer Days Leap Beyond tidak hanya itu saja. Para pengunjung juga diajak untuk mengikuti aktivitas lain di berbagai booth sponsor yang menawarkan on-ground challenge yang tentu terdapat berbagai hadiah menarik yang dapat dibawa pulang oleh peserta yang berhasil menyelesaikan tantangannya.

Bagi para esports enthusiast, di acara ini juga terselenggara turnamen esports dengan game Counter Strike. Hadiahnya tak main-main, disediakan hadiah berupa tiket ke Intel Extreme Master Australia, monitor berkualitas tinggi, hingga laptop gaming canggih.

Ada delapan pertandingan yang diselenggarakan pada esports Counter Strike ini. Juara pertama diraih oleh gamer bernama Juan Sulthon Iskandar yang berhasil memenangkan trip ke Intel Extreme Masters (IEM) yang akan diselenggarakan di Sydney Australia pada tahun ini, kemudian disusul oleh Hanif Dwi Arifianto sebagai runner up yang mendapatkan hadiah laptop dari MSI, dan di posisi ketiga diduduki oleh Dicky Zoelkarnaen dengan hadiah monitor ASRock.

Anda juga bisa mendapat kesempatan yang sama yaitu memenangkan tiket perjalanan ke Sydney untuk menonton IEM, dengan melakukan pembelian laptop Acer di toko ofisial Blibli dan Tokopedia.

Selain tantangan dan juga turnamen esports, acara ini juga menyuguhkan wawasan seputar teknologi, industri gaming, dan tentunya Intel melalui berbagai sesi workshop.

“Caster Bukan Cuma Teriak-Teriak” oleh Antonius Willson

Dalam workshop ini, Antonius Willson memaparkan esensi sejati menjadi seorang Game-Caster. Bukan sekadar "teriak-teriak", menjadi Game-Caster berarti menguasai seni bercerita, analisis mendalam, menjadi host yang menarik, serta menjadi entertainer. Antonius menjelaskan ada dua jenis Caster yakni; Main Cast dan Color Cast/Co-Caster. Main Cast harus mampu melakukan play by play, sementara Color Cast/Co-Caster harus memiliki kemampuan analitis, menambahkan detail yang mungkin terlewat dan menyiapkan konteks.

“How To Enter Game Industry” oleh Kris Utomo

Pada sesi ini, Intel mengundang Kris Utomo yang dikenal sebagai salah satu game developer tanah air. Di sesi ini, Kris banyak bercerita soal pengetahuannya mengenai pro dan kontra dalam memilih jalur karier di bidang dan industri game. Kebanyakan pemaparan yang disampaikan seputar bagaimana kiat mendirikan studio game indie, di samping pilihan untuk bekerja di studio game ternama.

“Overclocking with Intel: Optimize Gaming Performance” oleh Ava Jonathan

Overclocking sejak lama menjadi salah satu cara para gamer untuk memaksimalkan kemampuan perangkat PC untuk keperluan gaming. Melalui sesi ini, Alva, seorang overclocker profesional asal Jakarta yang juga dikenal juga dengan nickname “Lucky_n00b” ini membeberkan tips dan trik seputar overclocking yang optimal dengan dukungan teknologi terkini, terlebih dari yang disuguhkan oleh Intel.

“Powerful Content Creation” oleh Anjas Maradita

Pada sesi ini, Anjas Maradita membagikan pengetahuan seputar bagaimana menjadi seorang konten kreator yang relevan di masa ini. Dalam dunia gaming, konten kreator belakangan juga telah menjadi sektor yang cukup banyak memperoleh atensi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya konten kreator pada spesifik gaming yang telah sukses dan menarik atensi audiens secara luas dan masif. Di sesi ini, Anjas juga tak lupa membagikan tips dan trik, serta menunjukkan keahliannya dalam membuat konten yang menarik dalam waktu singkat.

“Tech Talk: Beyond Performance” oleh Dedy Irvan

Dalam sesi ini, Dedy Irvan dari Jagat Review, membagikan berbagai tips dan trik terkait kinerja PC. Ia mendalaminya dengan membahas isu 'Bottleneck', suatu masalah yang sering dihadapi pengguna, dan cara mengatasi fenomena tersebut. Menurutnya, sumber Bottleneck sangat bergantung pada software yang dijalankan. Khususnya dalam konteks permainan, Dedy menjelaskan konsep CPU bounds dan GPU bounds, meskipun faktor-faktor tersebut dapat berbeda tergantung pada jenis game dan pengaturannya. Sebagai intermezzo, Dedy Irvan menyelenggarakan mini games, memberikan hadiah mistery box bagi dua pengunjung beruntung.

Selain workshop di atas, masih banyak lagi workshop lainnya yang diselenggarakan pada event berkumpulnya para gamer tersebut. Seperti misalnya presentasi produk dari Alienware, Aorus, ASRock, Legion, MSI Notebook & Component, Predator, Pongo, dan juga ROG Notebook & Component. Selain presentasi, para brand tadi juga diberikan space untuk mengaktivasi booth untuk keperluan pemasaran, dan juga berbagi pengalaman produk kepada pengunjung.

Tak hanya itu, Intel Gamer Days juga tak luput mengajak serta para komunitas untuk memberikan berbagai macam wawasan kepada peserta. Seperti misalnya saja sesi Community Games & Panel oleh Advance Guard yang dikenal sebagai komunitas gamer fighting game, dan juga Indonesia Speedrun Community.

Intel Gamer Days Leap Beyond tentu bukan hanya sekedar event gaming biasa, acara ini secara khusus dikemas memadu antara teknologi, pengalaman, dan juga edukasi. Dari sisi aktivitas, hadiah, hingga berbagai wawasan, semuanya menjadi bukti bahwa dunia gaming dan teknologi selalu menawarkan sesuatu yang baru, sebuah pengingat bahwa kita harus selalu siap untuk ‘leap beyond’ dalam perkembangan teknologi yang dinamis ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again