12 September 2013

by wiku

Intel Haswell Hadir di Chromebook

Dalam ajang IDF atau Intel Developer Forum yang diadakan di San Fransisco, Intel membeberkan beberapa informasi termasuk dukungan prosesor mereka untuk jajaran perangkat Chromebook dari Google.

Doug Fisher Corporate VP and GM, Software and Services Group dari Intel memperkenalkan keluarga Chromebook terbaru yang akan ditenagai oleh prosesor intel berbasis mikroarsitektur Haswell. Laptop dari Google yang dibuat oleh HP ini akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna Chromebook. Selain HP nantinya Haswell juga akan hadir di Chromebook keluaran Acer, Asus dan Toshiba. Daftar mitra ini menjadi tambahan OEM karena Google juga telah bekerja sama dengan Samsung dan Lenovo sebagai mitra perangkat keras untuk Chromebook.

Chromebook yang telah ditenagai oleh Haswell ini akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Haswell, seperti yang pernah disebutkan oleh TRL, mengedepankan beberapa keunggulan, salah satunya adalah pemakaian baterai yang lebih hemat serta peningkatan performa. Seperti yang dikutip dari TechCrunch, Chromebook dengan Haswell akan meningkatkan pemakaian baterai selama sepanjang hari. Meski demikian spesifikasi perangkat keras dan detail lain tidak disebutkan.

Informasi lain yang disebutkan antara lain adalah Acer Chromebook yang dikatakan sebagai perangkat yang ringan dan mudah dibawa kemana saja, lalau HP Chromebook14 yang akan menawarkan pilihan warna beragam serta konektivitas 4G untuk beberapa model. Sedangkan Asus akan menawarkan Chromebook untuk portable desktop.

Pertamakali mendengan berita ini yang terlintas di kepala saya adalah, Chromebook + Haswell kayaknya bakal bisa menunjang kinerja blogger seperti saya. Well, mari kita tunggu, semoga saja tambahan mitra perangkat keras untuk Chromebook menjadikan laptop ini bisa tersedia secara massal di Indonesia.