1. DScovery

Irama Adalah: Pengertian, Fungsi dan Unsur-Unsurnya

Irama adalah bagian dari sebuah suara, nada, musik dan bahkan aspek kehidupan manusia. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pengertian irama, berikut ini artikel penjelasannya!

Irama adalah bagian dari sebuah nada, suara atau musik yang biasanya digunakan untuk menyampaikan sebuah suara dan biasa digunakan untuk menyampaikan suatu makna. Pengertian dari makna disini adalah bagaimana seseorang menekankan suatu hal secara berbeda berdasarkan pemilihan nada, suara dan bahkan intonasi yang digunakannya.

Tanpa disadari irama selalu digunakan oleh setiap manusia untuk dapat memunculkan sebuah bunyi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian irama, berikut di bawah ini artikel mengenai irama!

Pengertian Irama

Irama adalah sebuah ketukan dan hitungan yang berkaitan dengan pola bunyi dan musik yang terjadi sepanjang waktu. Irama juga mengacu pada rasa gerakan yang berkaitan dengan suku kata mengenai intonasi, nada dan tekanan nada.

Irama bisa dikatakan bagian dari sebuah elemen musik karena berhubungan dengan pola bunyi dan juga berkaitan dalam segala aspek kehidupan manusia. Ritme dalam sebuah musik akan mengacu pada pola hitungan dan ketukan berulang, tetapi ritme dalam aspek kehidupan mengacu pada sebuah gerakan secara teratur.

Irama dapat dipahami juga sebagai pengaturan panjang dan pendek sebuah nada serta tinggi dan rendahnya sebuah tekanan nada. Irama dalam kaitannya dengan musik digunakan untuk mengetahui komposisi suatu gerakan, sehingga setiap gerakan yang dilakukan akan berada pada pola yang sama.

Jenis-Jenis Irama

Irama memiliki berbagai jenis yang berbeda, berikut ini jenis-jenis irama:

  • Irama rata, merupakan jenis irama dimana pembagian nadanya rata. Maksudnya adalah bunyi atau ketukan yang dimiliki sejajar, biasanya irama rata digunakan untuk musik anak-anak agar mudah diingat.
  • Irama tidak rata, merupakan jenis irama dimana pembagian nada berbeda-beda tetapi memiliki ketukan yang berulang dan teratur pada saat dimainkan.
  • Irama sinkop, merupakan jenis irama yang nada dan ketukannya tergantung,. Hal ini disebabkan oleh perpindahan nada ketukan dalam sebuah irama musik.
  • Irama suku bangsa, merupakan jenis pola irama yang memiliki ciri khas sebuah daerah atau suatu bangsa. Maksudnya adalah jika seseorang mendengarkan maka dapat dilihat perbedaan pola bunyi dan nada yang dimainkan.
  • Irama politmetrik, merupakan jenis irama yang hasilnya akan berbeda jika dimainkan dengan alat musik yang berbeda juga.

Unsur-Unsur Irama

Suatu irama membutuhkan berbagai unsur di dalamnya, berikut ini unsur-unsur irama:

  • Tanda birama

Tanda birama adalah unsur irama mengenai berapa lama sebuah ketukan akan berlangsung. Tanda birama memiliki empat ketukan bawah dengan not seperempat, jadi bisa dikatakan bahwa setiap ketukan memiliki panjang not seperempat dalam waktu 4/4. 

  • Meteran

Meteran adalah unsur irama yang membagi tanda birami menjadi tiga jenis, yaitu duple meter, triple meter dan quadruple meter. Meteran dalam unsur irama tidak terikat dengan nilai sebuah nada. Jenis meter ini memiliki kegunaan masing-masing, duple meter digunakan ketika ketukan muncul dalam kelompok dua, triple meter digunakan saat ketukan muncul dalam kelompok tiga dan quadruple meter digunakan saat ketukan muncul dalam kelompok empat.

  • Tempo

Unsur irama lainnya adalah tempo yaitu kecepatan yang dimainkan dalam sebuah karya musik. Untuk menggunakan tempo biasanya musik dimainkan dengan berbagai cara, tiga cara utama dengan menggunakan ketukan per menit, terminologi italia seperti andante, largo, dan presto, serta bahasa modern seperti fast, moderate, dan lain sebagainya.

  • Ketukan

Irama memiliki unsur ketukan karena menggabungkan ketukan lemah dengan ketukan kuat pada setiap birama. Ketukan ini akan membentuk pola irama dalam sebuah nada atau musik.

  • Sinkopasi

Sinkopasi adalah unsur irama yang tidak selaras dan sering digunakan pada irama yang lebih kompleks karena cukup sulit. Ketukan dengan sinkopasi akan memberikan penekanan pada ketukan yang lemah.

  • Aksen

More Coverage:

Aksen adalah unsur irama yang menjelaskan mengenai penekanan khusus yang terjadi pada suatu ketukan tertentu. Sebagai contoh aksen digunakan sebagai meteran atau pengukuran sebuah puisi, dimana penyair akan mendikte setiap suku kata dengan penekanan atau tidak ditekankan. Irama tersebut akan lebih menonjolkan sebuah ketukan dengan hasil ketukan yang berbeda menyesuaikan aksen yang digunakan.

  • Polyrhythms

Polyrhythms adalah unsur irama yang berkaitan dengan irama dan biasanya mengacu pada permainan dua irama berbeda yang dimainkan secara bersamaan. 

Demikian informasi seputar irama, semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan mu mengenai apa itu irama!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again