1. DScovery

Isi Pendahuluan dalam Proposal, Struktur dan Formatnya!

Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena artikel ini akan membantumu menyusun pendahuluan proposal secara baik dan benar.

Apakah kamu tahu apa isi pendahuluan dari proposal? Proposal memang sudah sering didengar oleh mahasiswa atau para pekerja.

Proposal adalah rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci dalam bentuk tertulis. Proposal juga dapat diartikan sebagai tulisan yang ditulis oleh pengarang yang tujuannya untuk menggambarkan atau menjelaskan maksud kepada pembaca agar pembaca memahami maksud tersebut.

Berikut Isi Pendahuluan dalam Proposal

Berdasarkan sistematika pembuatan proposal dimulai dengan bab pendahuluan yang terdiri dari sub-sub bab sebagai berikut.

Bab I Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah

Latar belakang adalah elemen pertama dari pendahuluan. Latar belakang ini memuat berbagai informasi yang berkaitan atau relevan dengan masalah yang digali dalam karya tulis. Masalah-masalah ini cenderung menjadi masalah yang menarik atau menjadi sangat menarik.

Oleh karena itu, masalah tersebut diangkat, dibahas dan dipelajari. Latar belakang, selain masalah yang diteliti, juga memuat kalimat-kalimat retoris yang mengarahkan pembaca pada subjek yang diteliti, serta kutipan atau ungkapan yang berkaitan dengan subjek yang diteliti. Ada juga beberapa hal yang harus disertakan di bagian latar belakang pendahuluan:

• Kondisi ideal meliputi kondisi yang diharapkan baik berupa visi atau misi yang layak

• Kadaan sebenarnya yang terjadi pada saat itu, menunjukkan bagaimana situasi dan keadaan berbeda dari yang seharusnya terjadi

• Solusi berupa saran singkat dan juga usulan pemecahan masalah

1.2 Rumusan Masalah

Setelah latar belakang kemudian unsur-unsur rumusan masalah. Rumusan masalah merupakan ungkapan yang jelas tentang apa jawaban yang dicari oleh penelitian yang dilakukan. Perumusan masalah biasanya merupakan salah satu fase penelitian yang berbeda, yang posisinya sangat penting dalam kegiatan penelitian yang berbeda.

Kegiatan penelitian tanpa merumuskan masalah tidak ada gunanya atau tidak membuahkan hasil sama sekali. Masalah ini harus dirumuskan dengan menggunakan penomoran atau notasi yang sistematis agar jelas dan mudah dipahami. Rumusan masalah biasanya juga memuat uraian yang memuat masalah atau jawaban atas pertanyaan penelitian.

1.3 Tujuan Penelitian

Maksud isi pendahuluan adalah tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dengan meneliti atau membahas suatu topik penelitian tertentu, sehingga nantinya tujuan tersebut bermanfaat bagi pembaca atau bahkan penulis itu sendiri.

Tujuan utama penelitian adalah merumuskan berbagai pertanyaan dan menemukan jawaban atas pertanyaan penelitian yang berbeda, sehingga tujuan tersebut biasanya dapat dikalikan menjadi cabang-cabang yang merangsang penelitian lebih lanjut. Meskipun bersifat generatif, tujuan penelitian ini pasti memiliki keterbatasan.

1.4 Manfaat Penelitian

More Coverage:

Manfaat penelitian ini ditulis berdasarkan hasil penelitian. Manfaat penelitian biasanya berupa manfaat teoretis atau manfaat praktis.

Manfaat teoritis mengacu pada pengembangan teori yang relevan, sedangkan manfaat praktis mengacu pada masalah praktis.

Penelitian hanya dapat digunakan secara praktis, tetapi tidak dapat digunakan secara teoritis atau sebaliknya. Itu diputuskan berdasarkan topik penelitian.

Contoh Isi Pendahuluan dalam Proposal

Sumber: Academia Edu

Disimpulkan bahwa pendahuluan proposal berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian ya. Jangan lupa untuk memperhatikan dan menggunakan artikel ini sebagai referensi jika kamu membutuhkan saran.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again