Categories

Berita

Fokus Tawarkan Perangkat Elektronik, JD.id Unggulkan One Day Delivery

Menyediakan tujuh segmen barang elektronik yang disediakan oleh satu perusahaan

Amir Karimuddin - 27 October 2015

Dua bulan setelah kami mengabarkan JD.id, layanan ini resmi beroperasi. Merupakan perpanjangan raksasa e-commerce yang berasal dari Tiongkok, JD.id fokus menjual perangkat elektronik yang terdiri dari "tujuh lantai", mencerminkan tujuh jenis segmen yang ditawarkan. Yang menarik, semua barang dipasok oleh satu perusahaan.

Kehadiran JD.id menambah ramai kompetisi layanan e-commerce dan marketplace di Indonesia. JD sendiri merupakan salah satu layanan e-commerce terbesar di Tiongkok dan telah go public di Bursa Nasdaq.

Berbeda dengan layanan di negeri asalnya yang sudah merambah ke berbagai jenis produk, termasuk produk fashion, JD di Indonesia bakal kembali ke selera asalnya, yaitu produk-produk elektronik. Mereka menyediakan "tujuh lantai" produk elektronik, seperti smartphone dan tablet, laptop dan komputer, peralatan kantor, hingga TV layar datar.

iPhone 6s, yang secara resmi belum masuk Indonesia, menjadi unggulan promosi JD.id dengan iming-iming harga yang cenderung murah untuk ukuran produk-produk Apple.

Sepintas penampilan toko online-nya mirip MatahariMall, meskipun layout secara keseluruhan tidak berbeda dengan situs induknya.

JD.id menjanjikan one day delivery dengan tagline "Belanja sekarang, besok tiba". Ketika kami mencoba memasukkan barang ke dalam troli, layanan JD.id, setidaknya di awal pembukaan layanan, tidak mengenakan biaya logistik apapun. Tidak ada informasi pengiriman ke daerah mana saja yang dijanjikan bisa sampai dalam waktu sehari.

Hal menarik lain yang kami amati adalah semua barang dipasok oleh sebuah perusahaan, yaitu PT Ritel Bersama Nasional. PT Ritel Bersama Nasional tidak memiliki banyak informasi yang tersebar di Internet, selain informasi lowongan pekerjaan yang menghiasi berbagai layanan job marketplace. JD.id sendiri memiliki entitas lokal PT Jingdong Indonesia Pertama.

Berdasarkan penelusuran kami, tidak ada tautan yang memungkinkan pihak ketiga menjadi penjual di JD, artinya di awal mereka bakal fokus melakukan fulfillment sendiri (atau setidaknya bersama satu perusahaan partner-nya ini).

Untuk versi mobile, JD.id menyediakan APK aplikasi Android. Entah mengapa mereka tidak memasukkannya ke Google Play, tapi Anda yang berminat mencobanya bisa langsung mengunduh APK tersebut.

 

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter