18 December 2013

by Iqbal Farabi

Jelang CES 2014, LG Perkenalkan Desktop Berbasis Chrome OS, LG Chromebase

Pada akhir Oktober lalu kami sempat mengulas rumor mengenai perangkat berbasis Chrome OS yang sedang dipersiapkan oleh LG. Saat itu LG dikabarkan sudah mendaftarkan tiga merk dagang yang mengindikasikan perangkat berbasis Chrome OS. Ketiga merk dagang tersebut adalah "ChromeOne", "ChromeStation", dan "ChromeDesk".

Menjelang perhelatan CES 2014 yang akan berlangsung Januari nanti, LG akhirnya secara resmi memperkenalkan sebuah perangkat komputer personal berbasiskan Chrome OS. Berbeda dari nama-nama merk dagang yang dirumorkan sebelumnya, perangkat ini oleh LG diberi nama Chromebase.

LG Chromebase agak keluar dari mainstream perangkat berbasis Chrome OS yang sudah dirilis sejauh ini. Jika sebagian besar produsen memilih untuk mengeluarkan produk laptop, LG Chromebase justru hadir dalam wujud komputer personal berukuran layar 21,5 inci. Layar LG Chromebase yang besar tersebut memiliki resolusi Full HD 1920x1080 piksel.

Untuk urusan daya pemrosesan, LG Chromebase dilengkapi dengan prosesor Intel Celeron dan memori RAM sebesar 2 GB, spesifikasi yang terbilang tidak terlalu istimewa. Demikian juga dengan kapasitas penyimpanan internalnya yang berupa 16 GB iSSD. Terakhir, LG Chromebase juga memiliki webcam dengan resolusi 1,3 megapiksel.

Belum ada informasi mengenai harga yang dibanderol oleh LG untuk Chromebase. Hanya saja, melihat tren perangkat berbasis Chrome OS, seharusnya LG Chromebase akan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan perangkat-perangkat komputer personal lain di kelasnya.

 

Sumber: Android Central.