1. Startup

Jerry Ng dan Patrick Walujo Resmi Ambil Alih Bank Artos

Fokus selanjutnya adalah melakukan strategi transformasi menjadi bank digital

Bank Artos kini resmi dimiliki oleh Jerry Ng dan Patrick Waluyo dengan kepemilikan saham sebanyak 51%. Kabar tersebut sekaligus mengonfirmasi rumor yang beredar soal keterkaitan Gojek dengan aksi korporasi ini, mengingat Patrick Waluyo adalah investor awal dari unicorn pertama dari Indonesia tersebut.

Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia kemarin (26/12), Jerry Ng yang memiliki PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia dan Patrick Waluyo melalui Wealth Track Technology Limited membeli saham Bank Artos masing-masing sebesar 37,65% dan 13,35%.

Total saham yang dibeli ini setara dengan 615,18 juta saham, dengan harga Rp395 per lembar saham. Maka, bisa dikatakan keduanya merogoh kocek sebesar Rp243 miliar.

Dalam prospektus yang dirilis, akuisisi ini bertujuan untuk mengembangkan Bank Artos menjadi bank yang fokus melayani segmen menengah ke bawah (mass market). Usai akuisisi, Bank Artos akan melakukan penambahan modal untuk digunakan pengembangan produk, investasi teknologi dan SDM.

"Menjadikan Bank Artos sebagai bank yang lebih kuat dan mempunyai daya saing agar menjadi bank dengan skala nasional," sebut prospektus tersebut.

Sebelumnya, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di akhir September 2019, kedua perusahaan ini sudah mendapat persetujuan dari para pemegang saham terkait rencana pengambilalihan saham. Di saat yang sama, korporasi menggelar penerbitan 15 miliar lembar saham baru dengan mekanisme PUT dengan HMETD dengan nominal Rp100 per saham.

Mengutip dari CNBC Indonesia, Plt. Direktur Utama Bank Artos Deddy Triyana mengatakan, pemegang saham baru akan melakukan transformasi untuk menjadi bank digital. Menurutnya, bank digital adalah masa depan industri perbankan di Indonesia.

More Coverage:

"Alasan akuisisi ini untuk mengembangkan Bank Artos yang melayani segmen menengah dengan platform digital. Akan ada bisnis model baru dari Bank Artos jadi bank digital. Kenapa? Karena segmen itu sedang tumbuh dan juga target market di segmen itu mendominasi dari sisi usia produktif, ini jadi alasan dari pihak pembeli," kata Deddy.

Jerry Ng adalah bankir senior yang memimpin BTPN selama satu dekade. Ia memilih mundur dari bank tersebut setelah resmi merger dengan Bank Sumitomo Mitsui Indonesia. Sementara Patrick Walujo adalah pendiri Northstar Group, investor awal dari Gojek hingga menempatkan Andre Soelistyo sebagai petinggi di Gojek.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again