1. Startup

Jimmy Wales Luncurkan WikiAnswers

Perubahan dari mesin pencari (search engine) ke mesin penjawab (answer engine) sudah mulai tampak. Meskipun kepopuleran Yahoo Answers, dan Mahalo Answers, rupanya tidak menyurutkan niat Jimmy Wales dari Wikia Inc., untuk bergabung dalam kompetisi ini. Otak dibalik UGC paling populer ini (Wikipedia) kemarin secara diam-diam merilis WikiAnswers yang berusaha menggabungkan User Generated Content dengan answering engine miliknya. Setiap pengguna bisa mendaftarkan diri secara gratis dan memberikan pertanyaan dan juga membantu menjawab pertanyaan yang sudah ada.

"Wikianswers uses the unique characteristics of a wiki to form the very best answer to any question." - Jimmy Wales

Pertanyaannya adalah, apakah fitur pembeda dari WikiAnswers?

Platform yang digunakan oleh WikiAnswers adalah platform Wiki yang juga digunakan di Wikipedia, sehingga dari sisi UGC sudah sangat mumpuni. Dan hal ini merupakan sebuah kelebihan yang ditawarkan WikiAnswers, dimana pengguna umum bisa berpartisipasi lebih jika dibandingkan dengan layanan sejenis. Pengguna juga bisa mengedit dan menghapus jawaban yang tidak benar atau tidak relevan (junk) demi mendapatkan jawaban yang terbaik dari komunitas.

Layanan yang sudah dimulai sejak tahun 2004 dan beberapa minggu lalu diluncurkan kembali dengan tampilan yang berbeda (jauh lebih baik). Kini WikiAnswers menerima 1000 pertanyaan dan jawaban setiap harinya. Dan salah satu pertanyaan yang menarik adalah : Kenapa co-founder Wikia selalu mencuri ide orang lain? :D

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again