2 November 2018

by Bambang Winarso

Juga Punya Kamera Slider, Lenovo Z5 Pro Dibanderol Lebih Murah

Lenovo Z5 Pro akan bersaing dengan Xiaomi Mi MIX 3 dan Honor Magic 2

Banyak yang percaya bahwa setiap perusahaan perangkat punya tim intelejen yang tugasnya “memata-matai” apa yang ada di belakang meja para rival. Sehingga tak heran jika satu perusahaan meluncurkan smartphone dengan kamera slider, kemudian diikuti oleh perusahaan pesaing lainnya.

Mengikuti Xiaomi Mi MIX 3 dan Honor Magic 2, Lenovo baru saja mengumumkan jagoan barunya yang juga punya kamera slider, Z5 Pro. Tidak seperti yang lain, Lenovo tampaknya lebih fokus pada daya saing harga di mana perbedaan harganya hampir separuh dari MIX 3 dan Magic 2.

Sebagaimana terlihat di beberapa bocoran dan teaser, modul kamera depan slider dan rasio layar-ke-body yang sangat besar menjadi senjata jualan bagi Z5 Pro. Posisinya juga tidak bisa disebut flagship karena jeroannya hanya menggunakan Snapdragon 710, bukan 845 seperti di flagships lain yang dirilis tahun ini.

Khusus layar, kita bisa melihat layar 6.39 inci dengan resolusi FHD + (1080 x 2340 piksel). Lenovo tak menampik bahwa panel layar ini dipasok oleh Samsung, dengan harapan konsumen semakin yakin akan kualitas yang diberikan. Terlebih, dengan aspek rasio yang tinggi, pengguna dapat menikmati hiburan multimedia dan gaming dengan lebih optimal. Selain itu, layar itu juga menyembunyikan sensor sidik jari yang akan menjadi pintu masuk ke dalam perangkat.

Untuk menopang chipsetnya yang tak segarang Snapdragon 845, Lenovo membenamkan RAM sebesar 6GB yang dipasangkan dengan penyimpanan internal 64GB atau 128GB.

Z5 Pro memiliki kamera selfie ganda yang tersembunyi dalam mekanisme slider manual. Kamera ini memiliki konfigurasi 16MP + 8MP inframerah ganda combo yang juga mendukung IR face unlock. Di bagian belakang, terdapat pengaturan kamera ganda dengan kombinasi 24MP + 16MP yang memiliki aperture f / 1.8 dan mendukung perekaman video 4K.

Di bagian terakhir ini adalah yang paling ditunggu, karena Lenovo menjanjikan harga yang lebih terjangkau. Lenovo Z5 Pro bakal dijual dengan banderol 1.998 Yuan atau setara dengan $290 untuk model standar 6GB + 64GB. Sedangkan untuk varian penyimpanan 6GB RAM / 128GB dibanderol $330.

Sumber berita Lenovo.