1. DScovery

Jurnalis: Pengertian, Tugas, Kode Etik, dan Keahlian

Jurnalis tidaklah sama dengan wartawan. Artikel di bawah akan menjelaskan perbedaannya.

Apakah kamu tertarik dengan pekerjaan seorang jurnalis? Tentunya sebagai seorang jurnalis harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Jurnalis mempunyai tugas untuk menyampaikan informasi melalui surat kabar, majalah, televisi, radio dan internet.

Jadi jurnalis adalah orang yang bertanggung jawab dan berperan untuk menyampaikan dan memproduksi berita yang valid bagi pembaca di media. Untuk mengetahui lebih dalam tentang jurnalis. Mari simak artikel di bawah ini!

Pengertian Jurnalis

Jurnalis adalah orang yang tugasnya mengumpulkan, menganalisis, memproduksi, dan menyajikan informasi kepada publik melalui media secara teratur.

Informasi yang diberikan jurnalis harus berdasarkan fakta yang ada dan dapat berupa teks, gambar atau suara.

Media yang digunakan jurnalis untuk menyampaikan informasi adalah televisi, radio, surat kabar, majalah, dan platform online.

Jurnalis dan penulis lain membedakan antara fakta-fakta sebuah teks. Dalam dunia jurnalistik, seorang jurnalis harus merekam fakta karena harus memenuhi syarat kode etik jurnalistik.

Tugas Jurnalis

Selain mencari berita, seorang jurnalis memiliki beberapa tugas lain, antara lain sebagai berikut:

1. Menyediakan informasi, pendidik dan agen perubahan

Media massa berperan sebagai penyedia informasi melalui berbagai hal, misalnya berita, feature, laporan dan karya lainnya. Informasi ini dapat memengaruhi orang, mengubah pikiran mereka, dan bahkan membuat mereka mengambil tindakan, baik itu positif maupun negatif. Oleh karena itu, jurnalis harus menyajikan informasi yang edukatif dan bermanfaat. Berguna untuk meningkatkan nilai kehidupan pembaca.

2. Memberi hiburan kepada masyarakat

Selain menyampaikan informasi dalam bentuk berita, karya di industri media ini dapat berperan dalam menghibur masyarakat. Misalnya penyajian karya jurnalistik, misalnya fitur atau tugas yang memuat informasi tentang kehidupan sehari-hari masyarakat.

3. Interpreter atau penerjemah

Publik tidak bisa langsung menyerap semua peristiwa yang terjadi. Oleh karena itu, jurnalis berkewajiban untuk menafsirkan dan menjelaskan maksud dari peristiwa tersebut. Misalnya, menggunakan analisis berita dalam laporan dan komentar berita dalam editorial.

4. Wakil publik dan advokasi

Tugas akhir jurnalis adalah membela kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, berita merupakan produk jurnalistik yang harus mencerminkan suara rakyat. Seorang jurnalis dapat bertindak mengkritisi kebijakan atau tindakan pemerintah yang dianggap merugikan rakyat.

Keahlian dan Skill yang Dibutuhkan Seorang Jurnalis

Tentu saja sebagai jurnalis sangat membutuhkan keterampilan yang memudahkan pekerjaannya.

Sebagai jurnalis keterampilan berikut diperlukan, yakni:

1. Memiliki keterampilan menulis yang baik

Keterampilan ini merupakan keterampilan mendasar yang harus dimiliki jurnalis. Karena jurnalis harus mampu menulis berita sesuai dengan kaidah bahasa, sehingga informasi yang akan disampaikan tersampaikan dengan benar kepada masyarakat atau pembaca.

2. Memiliki pemikiran kritis

Sangat penting bahwa seorang jurnalis dapat berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis akan membantu dalam memecahkan masalah dalam proses analisis berita berbasis fakta.

3. Kemampuan komunikasi yang baik

Sebagai jurnalis harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan narasumber agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi.

4. Memahami teknik membaca

Jika kamu memahami teknik membaca, kamu akan merasa sangat mudah untuk menyampaikan informasi yang baik kepada audiens.

5. Memiliki pemahaman jurnalisme dan aturan etika jurnalistik

Pemahaman kode etik jurnalistik sangat penting saat melakukan pekerjaan ini. Memahami kode etik akan membantu melindungi hak atau privasi dari mereka yang diberitakan.

Perbedaan Antara Jurnalis dengan Wartawan

Jurnalis dan wartawan merupakan profesi yang memiliki bidang yang sama yaitu industri berita.

Jurnalis adalah orang yang tugasnya mengumpulkan dan menulis berita.

Sedangkan wartawan adalah profesi yang tugasnya mencari dan menyusun berita untuk televisi, surat kabar, majalah dan radio. Wartawan biasanya terlibat langsung dalam pendataan, turun tangan untuk melihat fakta.

Padahal, perbedaan jurnalis dan wartawan hanya terletak pada istilahnya saja.

Nah, itulah penjelasan mengenai jurnalis hingga perbedaannya dengan wartawan. Pada dasarnya kedua pekerjaan ini sama-sama bekerja di dunia jurnalistik. Maka dari itu, apakah kamu sekarang sudah paham dengan profesi jurnalis?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again