1. Lifestyle

Kantar: Windows Phone Kukuhkan Posisi Sebagai Ekosistem Ketiga di Eropa

Senada dengan laporan dari Gartner pada pertengahan Agustus lalu, Kantar kini turut mengkonfirmasi keberhasilan Windows Phone sebagai ekosistem mobile ketiga menggantikan BlackBerry. Berdasarkan laporan terbaru dari Kantar, pada periode April hingga Juli tahun 2013 lalu Windows Phone mencatatkan pangsa pasar sebesar 8,2% di lima pasar terbesar di Eropa. Catatan ini merupakan rekor pangsa pasar tertinggi yang pernah diraih Windows Phone di Eropa.

Menurut Kantar, meningkatnya pertumbuhan pangsa pasar Windows Phone ini utamanya disebabkan oleh popularitas perangkat Lumia 520 yang dibanderol dengan harga sangat terjangkau. Lumia 520 sangat populer di negara-negara seperti Inggris Raya, Perancis, Jerman, dan Meksiko.

Keberhasilan Windows Phone ini tetapi tidak berpengaruh terlalu besar terhadap dua kompetitor utamanya, Android dan iOS. Masih menurut Kantar, hanya 27% pengguna Android dan iOS yang berganti sistem operasi saat membeli perangkat baru, dan biasanya para pengguna ini berganti sistem operasi antar Android ke iOS atau sebaliknya. Kebanyakan pengguna baru Windows Phone adalah mereka yang beralih dari feature phone dan membeli ponsel pintar pertamanya. Setidaknya 47% pembeli perangkat berbasis Windows Phone dalam satu tahun belakangan ini adalah pengguna yang beralih dari feature phone.

Secara umum, lanskap sistem operasi mobile tidak banyak berubah. Selain Windows Phone yang menumbangkan BlackBerry, peringkat pertama dan kedua sistem operasi mobile dengan pangsa pasar terbesar masih dikuasai oleh Android dan iOS. Laporan selengkapnya bisa dilihat di situs Kantar pada tautan ini.

 

[gambar via]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again