Categories

Interview

Karirpad Ramaikan Layanan Pencari Kerja di Indonesia

Mempermudah proses perekrutan dengan sistem terkustomisasi RMS, menargetkan satu juta kunjungan hingga akhir tahun

Yenny Yusra - 2 July 2015

Karirpad menjadi layanan terbaru yang bermain di segmen pencarian kerja online. Layanan ini didirikan agar perusahaan-perusahaan di indonesia tidak lagi melakukan proses manual dalam perekrutan. Ia menawarkan RMS, sebuah piranti lunak yang diklaim bisa memenuhi kebutuhan perusahaan saat mencari kandidat.

It takes a very complex thinking to keep the process simple. RMS module milik Karirpad merupakan yang pertama di Indonesia dan kami bangga akan itu,” ujar Country Manager Karirpad Indra Prasta, yang juga merupakan vokalis grup band The Rain.

RMS dibangun oleh tim IT Karirpad selama kurang lebih satu tahun dan saat ini telah mencapai versi 2.0.

Solusi sistem e-recruitment RMS

Bagaimana solusi yang ditawarkan Karirpad untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia? Semua proses perekrutan disebutkan akan berlangsung melalui sistem RMS, tanpa harus melakukan konfirmasi melalui telepon. Pihak HR akan mendapat dashboard yang berisi berbagai informasi, misalnya berapa jumlah kandidat yang sudah mendaftar. Laporannya nanti bisa diunduh dalam bentuk berkas Excel.

RMS memungkinkan setiap lowongan yang dipasang di situs perusahaan secara otomatis juga dipublikasi di situs Karirpad. Fitur export dan import yang tersedia memudahkan perpindahan data dari RMS ke sistem HRIS (Human Resource Information System) yang dimiliki masng-masing perusahaan.

Karirpad mengklaim sebagai, mungkin satu-satunya, penyedia layanan e-recruitment lokal, dengan pesaing berbasis di luar negeri. Hal ini memudahkan Karirpad melakukan pelatihan dan troubleshooting bagi para kliennya.

Bagi para pencari kerja, Karirpad yang memberikan halaman khusus untuk setiap tawaran wawancara yang masuk. Mereka juga bisa melakukan penjadwalan ulang (re-schedule) wawancara sesuai waktu yang diinginkan.

“Buat Karirpad kita ingin agar para job seeker dan perusahaan merasakan manfaatnya terlebih dahulu. Selanjutnya branding akan dilakukan,” ujar Indra.

Saat ini disebutkan ada dua puluh perusahaan yang sudah menggunakan RMS Karirpad, di antaranya adalah Kapanlagi Network, The Body Shop, Asuransi Raksa, dan Dipa Healthcare.

RMS mengakomodasi kemampuan halaman terkustomisasi sesuai dengan keinginan klien. Indra mengatakan, "Untuk customized page perusahaan, kami biasa sebut dengan Dedicated Career Site. Contohnya adalah yang kami kerjakan untuk Dipa Healthcare yang telah memiliki official website sendiri."

"Kami membangun situs dipakarir.com khusus untuk rekrutmen, terhubung langsung dengan official website Dipa Healthcare. Lewat Dedicated Career Site, info karir di perusahaan tersebut dapat tersaji dengan lebih lengkap. Untuk carisupir.com, kami sekaligus bangunkan official website-nya, terintegrasi dengan e-recruitment system Karirpad," lanjutnya.

Karirpad bakal membantu perusahaan beradaptasi dengan penggunaan RMS melalui pelatihan. Indra mengatakan, "Ketika perusahaan telah menggunakan RMS Karirpad, nanti pihak kami akan memberikan training bagaimana menggunakan RMS untuk proses e-recruitment yang cepat dan mudah.”

Fitur-fitur yang ada di dalam Karirpad diantaranya adalah mulai dari Job Posting Management, Candidate Management, Interview Schedule, Candidate Search hingga berbagai report seperti job posting report, position details, candidate summary dan berbagai fitur bermanfaat lainnya.

Selain RMS, Karirpad juga menawarkan pemasangan iklan lowongan pekerjaan gratis di situs dan media sosial. Jangka waktunya bisa disesuaikan, apakah ingin ditambah atau dihentikan pada masa tertentu. Untuk menghindari adanya perusahaan fiktif yang memasang iklan lowongan, Karirpad mengklaim melakukan proses verifikasi berlapis.

Rencana ke depan

Karirpad berharap bisa memperoleh satu juta kunjungan di situs hingga akhir tahun. Selain itu mereka juga rajin mengadakan acara offline, seperti HR Gathering, sebagai ajang berkumpulnya para pekerja HR di Jakarta, sambil bertukar pikiran dan memperkenalkan sistem RMS kepada perusahaan.

Indra menyebutkan tantangan terbesar Karirpad saat ini adalah branding. Menurutnya sejak berdiri awal tahun ini, masih banyak yang belum mengetahui layanannya. Saat ini per bulannya disebutkan Karirpad sudah mendapatkan 1000 CV dan 60-70 ribu pageviews.

Saat ditanya tentang model bisnis, Indra menjawab selain e-recruitment dan layanan berbasis media sosial, Karirpad juga memiliki layanan cost-per-application dengan perusahaan hanya akan dibebankan biaya untuk setiap CV yang masuk. Rencananya layanan ini akan diluncurkan minggu depan.Saat ini Karirpad baru bisa diakses di desktop, namun ke depannya Karirpad berharap bisa merilis aplikasi mobile untuk platform Android dan iOS.

“Sudah saatnya perusahaan membangun situs karier sendiri dan tidak terlalu bergantung kepada job portal, agar bisa fokus dengan hal yang lebih produktif by system. Jadi gunakan RMS dan rasakan manfaatnya," tutup Indra.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter