1. DScovery

Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome yang Perlu Kamu Ketahui

Sebagai web browser paling populer di dunia, Google Chrome memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Saat ini, Google Chrome merupakan web browser yang paling populer digunakan oleh masyarakat dunia. Google Chrome tidak hanya dapat digunakan pada desktop saja, melainkan juga dapat digunakan baik di handphone maupun tablet.

Kepopuleran Google Chrome sebagai salah satu web browser terbaik tidak lain disebabkan oleh berbagai fitur yang terdapat di dalamnya. Fitur penting di Google Chrome mulai dari pemblokiran malware, mode gelap, bookmark, ekstensi, sinkronisasi akun Google dan masih banyak lagi. Fitur-fitur tersebut yang menjadi kelebihan dari Google Chrome.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Google Chrome?

Kelebihan Google Chrome

Google Chrome merupakan web browser yang dikembangkan oleh Google. Beberapa kelebihan Google Chrome, antara lain:

1. Tampilan Antar-Muka yang Simpel dan Sederhana

Tampilan antar-muka yang simpel dan sederhana mungkin menjadi faktor utama mengapa web browser keluaran Google ini begitu populer di dunia. Tampilan yang simpel ini tentunya sangat penting bagi pengguna, sebab pengguna tidak akan terganggu dengan detail-detail lain yang tidak penting.

Selain itu, Google Chrome juga disertai dengan berbagai tema yang menarik yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan pengguna. Jadi, meskipun tampilannya terkenal simpel, kamu tidak akan bosan untuk menyesuaikannya.

2. Memiliki Fitur Mode Gelap

Google Chrome memiliki fitur mode gelap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Jadi, kamu tidak perlu lagi untuk repot-repot menyesuaikan kecerahan layar saat ingin menggunakan browser ketika kondisi ruangan sedang gelap.

3. Proteksi Keamanan yang Tinggi

Selain memiliki keunggulan di bidang tampilan, Google Chrome juga terkenal dengan sistem keamanan yang tinggi. Dengan fitur safe browsing yang diusungnya, pengguna tentunya akan merasa lebih aman karena fitur ini berfungsi mencegah malware maupun ancaman keamanan lainnya.

Selain itu, Google Chrome juga terkenal dalam memprioritaskan keamanan penggunanya. Hal itu bisa dilihat dalam setiap pembaruannya, Google Chrome juga terus melakukan pembaruan di bidang keamanan bagi penggunanya.

4. Dapat Diinstal Fitur Tambahan

Salah satu fitur Google Chrome yang paling banyak digunakan adalah penggunaan ekstensi. Ekstensi merupakan fitur tambahan atau aplikasi mini yang berisi berbagai fitur yang dapat diinstal sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Beberapa fitur yang dapat diinstal melalui ekstensi adalah pemblokiran iklan, VPN, anti-malware, dan masih banyak lagi.

5. Sinkronisasi Akun Google

Google Chrome merupakan salah satu browser yang telah terintegrasi dengan layanan Google Mail (Gmail). Namun, Google Chrome memiliki kelebihan dapat menyinkronkan berbagai akun Google dalam satu perangkat.

Hal ini tentunya akan sangat membantu jika kamu memiliki banyak akun Google untuk digunakan. Dengan sinkronisasi otomatis ini, kamu tidak perlu lagi memasukkan username dan password berulang kali, karena akun pengguna akan disimpan secara otomatis.

6. Sudah Terintegrasi dengan Google Translate

Ketika melakukan pencarian web tertentu, kamu mungkin merasa kerepotan jika situs web yang kamu cari ternyata berisi bahasa asing yang belum kamu kuasai. Sekarang, kamu tidak perlu repot-repot untuk menyalin artikel yang ingin kamu baca ke dalam Google Translate, karena Google Chrome sudah terintegrasi dengan Google Translate yang dapat menerjemahkan isi halaman secara otomatis. Hal ini memungkinkan kamu untuk menerjemahkan artikel-artikel dari berbagai bahasa dengan mudah dan cepat.

7. Browsing Cukup Mudah dan Cepat

Salah satu keunggulan Google Chrome lainnya adalah performanya yang cepat ketika digunakan. Tentunya, hal ini akan memudahkanmu untuk mengakses segala bentuk informasi dengan mudah dan juga cepat.

Kelemahan Google Chrome

Selain kelebihan, Google Chrome ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut, yakni:

More Coverage:

1. Boros RAM

Salah satu kekurangan yang paling sering dikeluhkan oleh orang-orang mengenai Google Chrome adalah aplikasi ini memakan banyak RAM dibanding dengan aplikasi lainnya. Penggunaan RAM yang tinggi ini seiring dengan layanan yang diberikan Google Chrome dalam menyajikan performa yang cepat untuk penggunanya. Jadi, jika kamu ingin memilih Google Chrome sebagai browser default, kamu juga perlu memerhatikan seberapa banyak kapasitas RAM yang kamu miliki.

2. Memiliki Masalah Privasi

Google merupakan perusahaan yang bergerak di bidang periklanan. Mungkin sudah banyak yang menyadari bahwa melalui aktivitas pencarian yang biasa dilakukan dapat memberikan gambaran yang rinci mengenai data kepribribadian penggunanya.

Beberapa data yang dikumpulkan melalui aktivitas ini meliputi riwayat penelusuran, lokasi, data interaksi produk, dan pengenal pengguna lainnya. Data-data inilah yang nantinya digunakan sebagai penargetan iklan. Meskipun hal ini tidak terlalu merugikan pengguna, namun beberapa dari pengguna merasa tidak nyaman karena berkaitan dengan masalah privasi.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Google Chrome yang sudah dirangkumkan untukmu. Perlu diketahui bahwa setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, bijaklah dalam memilih web browser yang paling tepat untukmu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again