1. DScovery

8 Rekomendasi Kerja Sampingan yang Bisa Dikerjakan dari Rumah, Paling Populer

Kebutuhan semakin besar, yang tidak diimbangi oleh pendapatan dari pekerjaan utama, telah mendorong banyak orang untuk mengambil pekerjaan sampingan.

Dari tahun ke tahun terdapat suatu proses yang menyebabkan kenaikan harga. Karena itu kamu perlu mencari pekerjaan sampingan sebab biaya hidup semakin hari semakin meningkat.

Banyak juga perusahaan yang menerima karyawan baru ke dalam perusahaan dan tidak menutup kemungkinan kamu terganbung dengan perusahaan tersebut.

Namun, jika kamu merasa gaji bulanan kamu tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Maka kamu bisa mencoba untuk mencari kerja sampingan.

Rekomendasi Pekerjaan Sampingan

Seperti yang sudah dijelaskan, banyak orang mengambil pekerjaan sampingan saat kebutuhan meningkat namun tidak sesuai dengan tingkat pendapatan dari pekerjaan utama.

Kerja sampingan di rumah memang bisa mendatangkan penghasilan tambahan bagi yang menjalankannya. Padahal, saat ini banyak pekerjaan sampingan di berbagai bidang di rumah. Oleh karena itu, mereka yang melakukan pekerjaan ini terkesan fleksibel sesuai dengan keahliannya.

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan di rumah yang bisa kamu ikuti.

1. Membuat Kanal YouTube

Pekerjaan sampingan yang mungkin cocok untuk kamu adalah menjadi YouTuber. Tidak ada biaya untuk membuat saluran YouTube.

Menurut peringkat Alexa, YouTube adalah situs web yang paling banyak dikunjungi kedua setelah Google.

Jika kamu bisa membuat konten yang menarik, mungkin banyak orang yang akan menonton channel YouTube kamu. Dan bisa mendapatkan penghasilan dengan menempatkan iklan di saluran YouTube kamu. Selain itu, kamu dapat bermitra dengan perusahaan tertentu dengan melakukan tinjauan produk.

Jika kamu tidak suka berada di depan kamera, kamu bisa memilih varian video yang tidak harus menampilkan wajahmu. Misalnya video tutorial atau video animasi jika kamu bisa membuatnya.

2.  Mengikuti Survei Online

Mengikuti survei online adalah salah satu pekerjaan sampingan paling populer. Pasalnya, banyak aplikasi yang menawarkan berbagai jenis survei untuk diisi.

Ketika kamu pada dasarnya hanya mengisi kuesioner yang tersedia, harus memberikan pendapatmu tentang sesuatu dan kemudian mendapatkan hadiah khusus sesuai kontrak.

Salah satu keuntungan dari pekerjaan ini adalah tidak memerlukan keahlian khusus atau sertifikasi khusus. Yang harus kamu lakukan adalah mendaftar aplikasi survei online dan langsung bekerja. Bentuk reward yang kamu terima biasanya dikirimkan melalui aplikasi dompet online. Tetapi meskipun ada banyak aplikasi atau situs web survei online. Di sisi lain, beberapa dari mereka sebenarnya curang. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar berhati-hati dalam hal ini, agar tidak tertipu.

3. Jual NFT

Jika kita melihat tren saat ini, banyak orang yang sangat ingin menjual NFT. Apalagi Ghozali Indonesia berhasil meraup untung dengan menjual selfie-nya sebagai NFT.

Meningkatnya minat pada NFT juga bertepatan dengan minat pada metaverse. NFT sendiri adalah singkatan dari Non-Fungible Token. Sederhananya, NFT adalah aset digital yang dapat merepresentasikan objek di dunia nyata. Misalnya seni, musik, permainan dan video. Pada dasarnya, NFT yang dibeli atau dijual secara online menggunakan cryptocurrency. Saat ini ada beberapa platform perdagangan NFT seperti OpenSea dan Rarible.

4. Membuat Blog

Jika kamu memiliki hobi menulis, tidak ada salahnya membuat blog dengan topik tulisan yang sesuai dengan kamu. Tidak hanya dapat menyalurkan hobi tetapi kamu juga dapat memonetisasi blog mu.

Dengan blogging, kamu bisa mendapatkan penghasilan. Kamu dapat menginstal program periklanan PPC (bayar per klik) atau bergabung dengan program afiliasi.

Jika kamu serius ingin ngeblog, mulailah ngeblog dengan domain.com agar nantinya bisa kamu kembangkan dengan menambahkan subdomain elektronik. Selain itu, kamu dapat mempelajari cara mendesain situs web, mempromosikan blog di media sosial, dan menggunakan strategi SEO (search engine optimization) untuk menumbuhkan audiensmu.

5. Menawarkan Jasa Freelance

Jika kamu memiliki keahlian khusus dan waktu luang, tawarkan jasa freelance mu pada perusahaan atau institusi yang membutuhkannya. Pekerjaan freelance terdiri dari menulis, mengedit, mendesain, membuat video, desain web, pemrograman, dll.

Freelancer biasanya dibutuhkan dalam waktu singkat. Namun, jam kerja yang fleksibel merupakan keuntungan. Yang harus kamu lakukan adalah memenuhi target waktu yang telah disepakati. Tentu saja, untuk menawarkan layanan freelance, kamu perlu memasarkan portofolio mu. Ada banyak platform yang dapat melakukannya, seperti LinkedIn atau media sosial lainnya.

Untuk mendapatkan proyek freelance, ada banyak platform online yang menawarkannya. Beberapa diantaranya adalah Fiverr, Freelancer.com, Upwork, Sribulancer dan masih banyak lagi.

6. Mengelola Media Sosial untuk Bisnis UMKM

Dulu, media sosial dipandang sebelah mata karena hanya digunakan untuk urusan pribadi. Namun berkat media sosial, kamu sudah bisa melihat banyak contoh bisnis yang sukses.

Sayangnya, tidak semua pemilik usaha, khususnya UKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) memiliki kemampuan dan waktu untuk mengelola media sosial. Kamu mungkin juga tidak dapat terlibat dalam pemasaran media sosial.

Jika kamu memiliki keahlian dalam digital marketing dan sangat memahami seluk beluk media sosial, kamy bisa menjadi konsultan bagi banyak UKM. Hubungi beberapa bisnis lokal untuk mulai memasarkan jasamu.

7. Guru Les Privat

Banyak siswa memerlukan pelajaran tambahan di luar sekolah. Terutama siswa yang akan mengikuti ujian akhir atau sedang mempersiapkan universitas.

Siswa segala usia membutuhkan pelajaran tambahan pada beberapa mata pelajaran yang dianggap sulit, seperti matematika, fisika, kimia, bahasa asing, dll. Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang tertentu, kamu dapat membantu mereka berhasil dalam studi mereka.

Keuntungan bagimu adalah kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan pekerjaan sampingan seperti itu.

8. Mengikuti Program Afiliasi

Saat ini ada yang namanya program afiliasi. Tugas afiliasi adalah mempromosikan produk dan menyertakan tautan ke sana. Kemudian reward yang kamu dapatkan saat pelanggan mengklik link tersebut hingga terjadi pembayaran.

Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih produk. Karena tidak semua produk memiliki persetujuan hukum. Jangan biarkan diri kamu memilih barang dengan syarat yang tidak legal atau yang dilarang untuk dijual hingga ilegal. Jadi pilihlah jenis produk yang bisa kamu promosikan dengan aman ke publik.

Nah itulah beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan di rumah yang bisa kamu pilih. Banyak sekali caranya, kamy tinggal memilih sesuai dengan keahlian mu hingga akhirnya kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again