Ada banyak alasan mengapa orang memilih keyboard mekanik ketimbang membran. Papan ketik jenis ini sudah lama ada, tapi kepopularitasannya terangkat berkat bertambahnya jumlah produsen periferal yang mengadopsinya untuk mendukung gaming. Dan saat kompetitor umumnya masih mengandalkan Cherry, Logitech kian percaya diri dengan switch Romer-G buatan sendiri.

Setelah memperkenalkan papan ketik mekanik G Pro di bulan Maret 2017 kemarin, perusahaan aksesori komputer asal Swiss itu menyingkap alternatif yang lebih terjangkau tanpa mengorbankan faktor performa. Logitech menamainya G413, keyboard gaming yang diklaim mengedepankan kinerja serta kesederhanaan. Dan melihat dari penawarannya, G413 tampaknya disiapkan buat berduel melawan Corsair K63.

Namun berbeda dari rivalnya itu, Logitech G G413 merupakan keyboard full-size – tanpa tombol tambahan untuk mengatur fungsi multimedia. Efeknya, ukuran dari papan ketik mungkin menyebabkannya kurang ringkas buat dibawa-bawa dalam acara LAN party.

G413 memiliki dimensi 445x132x34-milimeter dan berat 1,1kg. Keyboard tersambung ke PC dengan kabel USB sepanjang 1,8-meter. Produsen menawarkan dua pilihan model G413, yakni tipe ‘Silver’ dengan LED berwarna putih dan ‘Carbon’ berpencahayaan merah.

Meski mengusung layout full-size dengan 144 tombol, Logitech tetap mampu meminimalisir bobot dari keyboard sehingga bisa setara tipe tenkeyless. Hal ini tercapai berkat perpaduan dari material plastik dan case aluminium-magnesium 5052 yang tipis di sisi atas. G413 juga dibekali port USB passthrough, memungkinkan Anda untuk menyambungkan mouse atau mengisi ulang baterai smartphone sambil bermain.

Untuk switch mekaniknya, Logitech kembali mengandalkan Romer-G. Di atas kertas, switch tersebut memastikan tombol-tombol di sana bisa tetap bekerja normal hingga 70 juta kali tekan. Ia menyajikan jarak actuation sejauh 1,55-milimeter, key travel total 3-milimeter, dengan resistensi 45g, serta dipadu fitur anti-ghosting maksimal 26 tombol. Logitech turut membundel keyboard bersama 12 buah keycap khusus gaming (tombol 1, 2, 3, 4, 5, Q, W, E, R, A, S, D) dan aksesori puller.

Logitech G G413 1

Akses ke fungsi multimedia sendiri disajikan lewat solusi build-in dengan menggunakan tombol FN sebagai toggle. Setelah diaktifkan, Anda bisa mem-play/pause musik, mematikannya, atau memasukkan perintah next/previous via tombol F19 sampai F12.

Logitech G G413 2

Semua tombol di sana dapat diprogram ulang via Logitech Gaming Software, dan Anda juga dipersilakan buat memanfaatkan Game Mode – fungsinya ialah mematikan tombol yang berpotensi mengganggu serunya bermain seperti tombol Windows.

Kedua model Logitech G G413 kabarnya sudah mulai dipasarkan, dijual seharga US$ 90.

Sumber: Logitech.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.