Categories

Gadget

Amazon Rilis Kindle Paperwhite Terbaru

Oki Rosgani - 18 June 2015

Buku telah menjadi medium penting dalam peradaban umat manusia, melalui buku orang bisa mengenal berbagai macam informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, buku telah bermetamorfosis menjadi eBook (electronic book alias buku elektronik) yang tidak hanya lebih interaktif namun eBook juga menawarkan feksibilitas dan mobilitas yang tinggi.

Format buku elektronik bisa lebih mudah untuk di disribusikan dan disimpan karena ratusan atau bahkan ribuan judul buku bisa dijejalkan dalam sebuah perangkat yang bernama eBook Reader atau e-Reader alias perangkat pembaca buku elektronik.

Adalah Amazon, yang mempopulerkan kembali keberadaan perangkat eBook reader yang sebelumnya sempat stagnan. Selain sukses menjadi toko ritel online terbesar, Amazon juga telah menelurkan sejumlah perangkat e-Reader ke pasaran. Salah satu model e-Reader populer besutan Amazon adalah Kindle, perangkat pembaca untuk konten eBook ini telah hadir dalam berbagai versi dan kemampuan.


Versi teranyar yang baru saja diluncurkan oleh Amazon adalah Kindle Paperwhite E-Reader 2015. Ia hadir dengan bentuk yang cukup kompak dengan mengusung layar Carta e-Ink berukuran 6-inci, tampilan layarnya memiliki resolusi 300 piksel per inci. Dengan resolusi ini mata pengguna akan lebih nyaman untuk berlama-lama membaca konten yang ada.

Info Menarik: Baterai ‘Origami’ Ini Murah, Cuma Butuh Air Kotor Buat Mentenagainya

Resolusi yang disematkan pada Kindle terbaru ini 2 kali lebih tajam dari resolusi yang disematkan pada produk Kindle Paperwhite versi sebelumnya yang telah hadir di pasaran pada tahun 2013 lalu, e-reader versi terbaru mampu menayangkan huruf dengan kualitas serupa dengan huruf yang dicetak dengan printer laser (laser quality text).

Perangkat Kindle Paperwhite E-Reader 2015 juga hadir dengan versi termurah se harga $119, sedangkan versi termahal ditawarkan dengan harga $209 (tanpa paket layanan dari Amazon), yang membedakan diantara keduanya hanyalah fitur 3G dan WiFi yang disematkan didalamnya, versi termurah tentu hadir tanpa keberadaan fitur 3G dan hanya mengandalkan koneksi melalui fitur WiFi saja.

Layar perangkat e-Reader ini diklaim akan nyaman digunakan dalam berbagai kondisi pencahayaan sehingga tidak melelahkan mata. Amazon menjanjikan bahwa Kindle Paperwhite 2015 ini akan bisa digunakan selama berminggu-minggu dalam sekali pengisian baterai.


Selain itu di Kindle terbaru ini, Amazon menjejalkan jenis huruf baru bernama Bookerly, jenis huruf ini dipercaya akan lebih nyaman dan lebih mudah untuk dibaca oleh pengguna. Amzon juga menyematkan teknologi baru bernama “typesetting engine” yang akan mengatur layout tampilan agar tetap sesuai dan nyaman walaupun pengguna mengubah ukuran huruf menjadi lebih besar atau lebih kecil.

InfoMenarik: Digitally Imported Tawarkan Layanan Streaming Khusus Musik Elektronik

Tidak ada informasi detail mengenai jenis prosesor apa yang disematkan untuk mengotaki perangkat ini, namun dari informasi yang kami dapat, perangkat ini memiliki prosesor yang bisa berlari hingga kecepatan 1 GHz dan didukung dengan RAM sebesar 512MB. Tanpa slot memory tambahan, pengguna harus puas dengan media penyimpanan internal sebesar 4GB yang diklaim mampu menyimpan hingga ribuan judul eBook di dalamnya.

Sumber: TechCrunch, CNet.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter