Categories

Mobile

Kirim WhatsApp, Viber dan Telegram di Android Kini Bisa Gunakan Perintah Suara Google

Oki Rosgani - 30 July 2015

Google baru saja menyisipkan kemampuan baru untuk perangkat berbasis Android, dimana kini penggunanya bisa mengirim pesan instan hanya melalui perintah suara (Google voice command).

Jika sebelumnya fitur tersebut hanya berlaku untuk mengirimkan pesan melalui SMS atau aplikasi Hangout atau email saja, kini fitur tersebut juga bisa digunakan untuk mengirim pesan menggunakan aplikasi pesan instan pihak ketiga seperti WhatsApp, Viber, Telegram, WeChat dan NextPlus.

Dengan fitur baru ini, nantinya pengguna hanya tinggal mengucapkan perintah "Ok Google, send whatsapp to Asep"  maka selanjutnya, perangkat Android Anda akan memberikan kolom isian dari pesan WhatsApp yang ingin kita kirim, yang juga bisa diucapkan dalam bentuk suara. Setelah itu kita bisa memberikan perintah dengan suara pula untuk mengirimkan pesan tersebut.

Info Menarik: Lava Pixel V1, Smartphone Android One Generasi Kedua Resmi Meluncur di India, Ini Spesifikasinya

Begitu juga untuk aplikasi pesan instan lainnya, kita tinggal mengucapkan "Ok Google, send Viber to Budi" jika kita ingin mengirimkan pesan Viber ke kontak bernama Budi atau "Ok Google, send Telegram to Sarah", jika kita ingin mengirim pesan melalui aplikasi Telegram ke Sarah.

Sayangnya, untuk saat ini isi pesan yang diucapkan hanya bisa dikenali dengan baik jika pengguna menggunakan bahasa Inggris, namun begitu pihak Google menjanjikan bahwa pihaknya akan memberikan dukungan fitur ini untuk bahasa lainnya.

Untuk bisa menggunakan fitur di atas, Anda harus sudah memiliki aplikasi Google App versi baru yang bisa diunduh melalui tautan berikut ini dan update teranyar dari masing-masing aplikasi instant messaging yang ingin digunakan.

Info Menarik: Remix Mini Dijanjikan Sebagai Mini PC Android Sejati

 

Saat ini hanya aplikasi WhatsApp, Viber, Telegram, WeChat dan NextPlus saja yang telah bisa memanfaatkan fitur ini, namun dalam waktu dekat pihak Google juga akan menambahkan dukungan terhadap aplikasi pesan instan lainnya serta tambahan bahasa untu bisa menikmati fitur ini.

Demo mengirimkan pesan instan dengan perintah suara | ilustrasi: Inside Search

Sumber: AndroidAuthority | Gambar Header: Bloomua Shutterstock.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter