1. Startup

Koinworks Salurkan Pinjaman Rp150 Miliar Setiap Bulan

Menargetkan kalangan UKM, mulai dilirik investor milenial

Platform p2p lending KoinWorks setiap bulannya mengklaim telah menyalurkan pinjaman Rp150 miliar. Pinjaman ini paling banyak disalurkan kepada pelaku usaha fesyen, elektronik, aksesoris, dan komestik.

Menurut CMO KoinWorks Jonathan Bryan, bulan suci Ramadan ini juga menjadi momen yang penting bagi KoinWorks, dilihat dari makin meningkatnya minat para borrower untuk meminjam uang. 

Saat ini KoinWorks masih menyasar segmen pasar yang terbukti makin banyak peminatnya yaitu kalangan UKM, termasuk di dalamnya penjual online shop yang memanfaatkan media sosial sebagai media promosi mereka. KoinWorks mencatat sebanyak 70% hingga 80% kontribusi dari total peminjam dari segmen tersebut.

Target hingga akhir tahun

Secara keseluruhan, jumlah investor di KoinWorks sudah melebihi angka 148 ribu. Nominal paling kecil yang bisa diinvestasikan sebesar Rp100 ribu. Sementara itu KoinWorks juga mengklaim kalangan milenial sudah mulai banyak melirik untuk kemudian menjadi investor. Sekitar 70% investor di bisnisnya berasal dari kalangan milenial dengan rentang usia 25 hingga 35 tahun.

Sementara itu jumlah penerima pinjaman (borrower) KoinWorks saat ini sebanyak 700.000 rekening. Jumlah pemberi pinjaman (lender) sebanyak 148.972 rekening. Hingga saat ini secara nominal pinjaman yang disalurkan 90% diberikan kepada modal kerja, sisanya kepada dana pendidikan.

Tahun 2019 ini KoinWorks memiliki target menyalurkan dana di angka Rp2,2 triliun. KoinWorks juga ingin menyasar segmen pasar baru yaitu pariwisata. Perusahaan sedang menguji coba penyaluran pinjaman untuk industri pariwisata. Saat ini, KoinWorks memilih pelaku UKM yang bergerak di bidang akomodasi pariwisata. Segmen usaha lainnya akan diseleksi terlebih dahulu karena belum tentu cocok dengan preferensi perusahaan.

Application Information Will Show Up Here

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again