Categories

Game

Komparasi Grafis Dragon Age Inquisition di PC, PlayStation 4 dan Xbox One

Yoga Wisesa - 17 November 2014

Bagi permainan-permainan blockbuster multi-platform, perbandingan grafis khususnya di console teranyar adalah hal lumrah. Di sana merupakan tempatnya para fans mendiskusikan (lebih tepatnya berdebat panas) versi mana yang memiliki visual terbaik. Dan tampaknya hal serupa berlaku untuk game role-playing teranyar BioWare, Dragon Age: Inquisition.

Lagi-lagi, tim IGN bertanggung jawab dalam pembuatan video komparasi tersebut. Video ini dilepas akhir minggu lalu menjelang perilisan Dragon Age: Inquisition, dijadwalkan segera mendarat tanggal 18 November 2014 besok. Jadi kali ini kira-kira versi apa yang menyuguhkan visual tercantik; apakah Xbox One, PlayStation 4 atau PC? Mari simak videonya di sini.

Meskipun saya apresiasi apa yang IGN lakukan di sini, tetapi ada satu hal perlu dikritisi. Kita tahu, YouTube sudah mendukung 60 frame rate, sayangnya sang pembuat video tidak mengunggahnya di 60fps. Dan karena kompresi, efek anti-alias atau super-sampling tidak muncul. Namun setidaknya kita dapat membandingkan apa yang terlihat langsung oleh mata.

Pada dasarnya, baik versi Xbox One, PlayStation 4 maupun PC tak mempunyai perbedaan signifikan soal tekstur. Mereka semua terlihat tajam, layaknya permainan next-gen bertenaga engine Frostbite 3. Versi PC menyajikan tone warna gelap lebih detail, beberapa objek bertekstur tampak lebih tajam, kemudian peralihan depth of field juga lebih mulus. Tapi tak ada perbedaan kontras.

 

Info menarik: Sembari Menunggu Inquisition, Mainkan Dragon Age: The Last Court Gratis Dari Browser

 

Di Xbox One maupun PlayStation 4, pergerakan efek partikel serta cuaca juga tampil serupa. Tampaknya versi PC mempunyai efek kabut lebih tebal, lalu tone warna lebih hangat di beberapa situasi tertentu. Secara keseluruhan, saya angkat topi bagaimana developer BioWare benar-benar memberi perhatian pada detail, contohnya seperti tekstur tidak rata di logam, sepatu boot kulit, serta jahitan-jahitan di baju karakter.

Satu-satunya hal yang membuat versi PC bebeda ialah kehadiran user interface serta tombol-tombol shortcut di bagian bawah layar. Ikon kaca pembesar di sebelah kiri sangat menarik, karena fitur search akan sangat membantu pemain menemukan skill (atau mungkin item) tanpa kesulitan.

Anda dapat menyimak artikel-artikel tentang Dragon Age: Inquisition lebih banyak via tautan ini. Media-media game dan kritik profesional telah menerima kopi review minggu lalu, dan sejauh ini mereka merespon dengan sangat positif.

Dragon Age: Inquisition segera meluncur besok di platform PC, PlayStation 4, Xbox One, PlayStation 3 dan Xbox 360. Launch trailer-nya juga telah EA rilis, dan bisa disaksikan di bawah. Musik oleh Phantoms, berjudul Into the Darkness.

Gambar header: DragonAge.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter