DScovery

Contoh Kop Surat Lamaran Kerja yang Benar, Makin Rapi dan Terlihat Profesional

Contoh kop surat lamaran kerja dan cara membuatnya biar kamu bisa menyampaikan identitasmu dengan jelas.

Melamar kerja berarti harus memahami penulisan berkas-berkas yang akan dikirimkan seperti curriculum vitae (CV). Selain CV, pelamar juga harus memahami penulisan berkas penting lainnya seperti struktur surat lamaran pekerjaan yang benar.

Salah satu bagian yang harus diperhatikan adalah kop surat. Kop surat sendiri adalah kepala surat yang terletak pada bagian paling atas. Kop surat sendiri berfungsi mewakili identitas sebuah entitas tertentu seperti perusahaan atau organisasi.

Namun, kop surat juga dapat digunakan untuk mewakili kepentingan individu. Kop surat seperti ini dapat ditemui pada surat lamaran kerja. Nah, kalau kamu tertarik membuat kop surat yang menarik, kamu harus tahu cara membuat kop surat lamaran kerja yang benar terlebih dahulu.

Cara Membuat Kop Surat yang Benar

Sebenarnya, tidak ada bentuk kop surat yang saklek, terlebih ketika kop surat itu mewakili kepentingan individu. Namun, kop surat yang benar harus berisi beberapa unsur informatif. Ini karena kop surat berisi rangkuman identitas pengirim agar penerima dapat mengenali pengirim secara sepintas.

Isi kop surat

  1. Nama pengirim (mewakili kepentingan mana)
  2. Logo
  3. Alamat pengirim
  4. telepon/handphone
  5. Email atau website pengirim

Keempat unsur tersebut harus ada baik dalam kop surat untuk kepentingan kelompok maupun pribadi, kecuali untuk logo. Logo atau lambang biasanya hanya digunakan oleh kepentingan kelompok seperti perusahaan, organisasi, komunitas, dll.

Sedangkan untuk kepentingan pribadi, cukup mencantumkan nama lengkap saja untuk dikenali. Jika kamu memiliki gelar pendidikan, tidak ada salahnya untuk menambahkan. Ini agar personal branding-mu semakin kuat.

Tata letak unsur-unsur kop surat

Selain mengetahui unsur-unsurnya, kamu juga harus tahu tata letak dari unsur-unsur tersebut. Ini penting karena peletakan informasi yang rancu akan membuat bingung penerima surat.

Secara umum, unsur yang pertama kali ditulis adalah nama pengirim. Kalau kamu membuat kop surat yang mewakili sebuah perusahaan, maka tulislah nama perusahaan tempat kamu bekerja. Kalau surat itu mewakili dirimu sendiri, maka tulis nama lengkap dan gelar pendidikan (jika ada).

Kemudian, urutan kedua adalah alamat pengirim. Tulis alamat lengkap kantor perusahaan atau organisasi jika surat berfungsi mewakili kelompok atau alamat rumah lengkap jika surat bersifat pribadi.

Ketiga, yaitu kontak yang bisa dihubungi. Informasi ini terdiri dari no. telepon/handphone dan email/website pengirim. Pertama, tuliskan no. telepon kantor jika surat mewakili kelompok dan no. handphone untuk surat pribadi.

Selanjutnya, baru bubuhkan alamat email atau link website baik untuk surat dari perusahaan maupun perorangan. Kedua informasi tersebut dapat dicantumkan salah satu atau keduanya jika memang tersedia.

Terakhir, penempatan logo tidak masuk dalam urutan tersebut. Pada umumnya, logo diletakkan di samping urutan informasi di atas. Ada yang menaruhnya di sebelah kiri, tak jarang pula berada di sebelah kanan. Untuk perorangan, tempat logo bisa diganti dengan foto diri yang sopan dan profesional.

Penulisan kop surat sendiri tidak harus berada di atas dengan rata tengah lalu diberi garis pembatas. Peletakan informasi kop surat bisa juga diletakkan rata kiri, berdempetan dengan logo, dan tanpa garis pembatas, tergantung kreativitas masing-masing.

Contoh Kop Surat Lamaran Kerja

  1. Prita Aprilia, S.H., M.Hum. Komplek Citra Harmoni, Blok H, No. 134, Bandung, Jawa Barat 089765240823 pritaprilia11@gmail.com www.hukumprita.com

 

  1. Hasan Sadikin Jl. Aggrek Putih, No. 05, Kec. Sagan, Surakarta, Jawa Tengah 085712345000 hasansadikin@gmail.com

Contoh Kop Surat Perusahaan

  1. PT. STAR DIGITAL NEWS Jl. Untung Suropati No. 15 Balongan, Surabaya, Jawa Timur No. Telepon: (021) 54321687 stardigitalnews@gmail.com www.stardigitalnews.com

 

  1. PT. JAYA SENTOSA MAKMUR Jl. Pattimura Blok C, No. 67, Ngasem, Kediri, Jawa Timur No. Telepon: (021) 30004567 www.semenjayasentosa.com
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again