Categories

Gadget

Kraftwerk, Power Bank Unik Bertenaga Gas

Glenn Kaonang - 4 February 2015

Pernahkah Anda kesal saat mendapati smartphone Anda ‘wafat’ dan power bank kepercayaan tidak bisa berbuat banyak karena kehabisan daya? Mungkin jarang, akan tetapi saya pribadi sudah muak harus rutin mengisi ulang baterai smartphone dan power bank sekaligus.

Idealnya harus ada metode baru yang diterapkan power bank dalam menyuplai energi listrik ke perangkat mobile. Tenaga surya adalah salah satu alternatif, tetapi ini jelas tidak berlaku di saat petang. Bagaimana dengan universal gas? Mendapatkan gas yang biasa digunakan untuk kompor portable atau korek api sangat mudah, bukan?

Inilah yang ingin ditawarkan Kraftwerk, sebuah power bank unik bertenaga gas yang hadir melalui situs crowdfunding Kickstarter. Anda bisa menganggap Kraftwerk sebagai pembangkit tenaga listrik portabel untuk berbagai perangkat elektronik milik Anda.

 

Info menarik: Colokan Listrik Tak Tersedia? Lifepower A2 Siap Isi Ulang Baterai Laptop Anda

 

Wujud Kraftwerk tidak jauh berbeda dari power bank lain. Dimensinya juga tampak ringkas, dengan bobot 160 gram dalam keadaan belum terisi. Di dalamnya telah terbenam tangki gas dan sel bahan bakar yang mampu mengonversikan senyawa kimia menjadi energi listrik. Jadi power bank ini bukan membakar bahan bakar gas layaknya kompor biasa.

Menggunakan bahan bakar gas, power bank unik ini pun hanya memiliki satu colokan, yakni colokan USB standar. Ia sama sekali tidak bergantung pada kehadiran stop-kontak untuk bisa menjadi penyuplai daya bagi perangkat mobile Anda.

Mengisi ulang Kraftwerk dapat dilakukan hanya dalam beberapa detik karena ia cuma memerlukan universal gas sebanyak sekitar 40 gram. Sel bahan bakarnya kemudian akan mengonversikan gas tersebut menjadi energi listrik yang dapat mengisi ulang baterai iPhone sebanyak sebelas kali.

Pengisian ulang Kraftwerk juga tidak memerlukan tabung gas khusus yang hanya dijual oleh eZelleron selaku produsen Kraftwerk sendiri. Anda bisa menggunakan tabung gas kecil berbentuk botol – isinya sama-sama mengandung butana – yang biasa dipakai untuk kompor portabel atau untuk mengisi ulang korek api. Saya sendiri berpikir saya bisa mengisinya menggunakan tabung gas elpiji 3 kg, jika saja saya menemukan cara untuk memindahkan gas dari dalam tabung elpiji ke tangki gas milik Kraftwerk. :)

 

Info menarik: AMPL SmartBag, Tas Ransel Pintar Sekaligus Power Bank Raksasa

 

Lalu bagaimana dengan keamanannya? Bagaimana dengan resiko kebakaran yang bisa ditimbulkan Kraftwerk? Well, eZelleron mengklaim power bank unik besutannya ini telah lulus uji sertifikasi dari FAA (Federal Aviation Administration). Singkat cerita, genset portabel asal Jerman ini boleh dibawa ke dalam kabin pesawat.

Kampanye penggalangan dana Kraftwerk sudah sukses menembus target lebih awal dari waktu yang dialokasikan. Pledge terendah untuk bisa mendapatkan satu unit Kraftwerk saat ini adalah $99 (Rp 1,25 juta). Harga ritelnya akan naik menjadi $149 (Rp 1,9 juta) saat masa kampanyenya usai.

Sumber: Kraftwerk via UberGizmo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter