Gandeng Mastercard dan BNI, Kredivo Luncurkan Pinjaman Digital "Infinite Card"

Infinite Card merupakan kartu kredit virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi di platform online

PT FinAccel Finance Indonesia melalui Kredivo tengah gencar memperluas akses kredit digital lewat sejumlah kerja sama. Kali ini, Kredivo meluncurkan "Infinite Card" dengan menggandeng penyedia jaringan pembayaran elektronik global MasterCard.

Infinite Card merupakan kartu kredit virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi di semua e-commerce dan platform online yang termasuk dalam jaringan mitra merchant. Kredivo bekerja sama dengan BNI sebagai mitra pinjaman di Infinite Card.

Pengguna dapat bertransaksi dengan Infinite Card menggunakan limit pinjaman Kredivo yang memiliki plafon maksimal hingga 30 juta Rupiah. Pengguna juga tinggal memasukkan beberapa detail kartu (credential) ketika melakukan pembayaran di merchant online.

Bunga yang dikenakan pada transaksi Infinite Card sama dengan bunga Kredivo, antara lain 0% untuk tenor 30 hari dan 3 bulan; dan bunga 2,6% per bulan untuk cicilan 6-12 bulan. Beberapa merchant yang telah menerima Infinite Card, seperti Gojek, Grab, Shopee, dan Traveloka. 

Menurut Krishnadas VP Business Development FinAccel, kerja sama ini memiliki nilai tambah yang kuat mengingat MasterCard memiliki acceptance luas dengan posisinya sebagai pemimpin pembayaran teknologi di dunia. MasterCard juga telah bermitra dengan jutaan merchant.

More Coverage:

Fairbanc Raih Tambahan Pendanaan Pra-Seri A 72 Miliar Rupiah dipimpin Vertex Ventures

"Maka itu, kami juga dapat menghadirkan pinjaman digital dengan acceptance point yang tidak terhingga untuk mengakomodasi kebutuhan 5 juta pengguna kami," tutur Krishnadas dalam acara peluncuran virtual.

Tujuan utama Kredivo adalah dapat menjangkau masyarakat di berbagai level sebagai penyedia metode pembayaran open-loop, terutama di sektor ritel yang selama ini menjadi kekuatan dari layanan kredit digitalnya di Indonesia. 

Sementara, Country Manager Mastercard Indonesia Navin Jain menambahkan bahwa kolaborasi ini sekaligus untuk mendukung agenda pemerintah meningkatkan inklusi keuangan dan mendorong penetrasi cashless di Tanah Air.

Layanan co-branding Kredivo

Sebelum ini, Kredivo telah melakukan strategi co-brandingPayLater lewat kolaborasi dengan PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) untuk menghadirkan Flexi Card. Berbeda dengan Infinite Card, kartu paylater ini berbentuk fisik dan dapat dipakai bertransaksi secara offline melalu jaringan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). 

More Coverage:

Paylater Makin Diminati Konsumen untuk Belanja Online

Namun, seluruh aktivitas transaksi Infinite Card dan Flexi Card sama-sama dapat dipantau melalui aplikasi Kredivo. Skema bunga yang dikenakan juga sama seperti bunga yang ditawarkan Kredivo.

Strategi co-branding sebetulnya telah banyak dimanfaatkan oleh sejumlah platform penyedia pinjaman dan perbankan. Keuntungannya, kedua belah pihak dapat saling memanfaatkan ekosistem yang dimiliki untuk menjangkau basis pelanggan atau segmen pasar baru.

Beberapa platform digital juga meluncurkan inisiasi serupa dengan menggandeng perbankan selaku pemberi fasilitas pinjaman. Contohnya, kartu kredit PayLater Card Traveloka bersama BRI. Produk ini menawarkan keunggulan proses verifikasi yang hanya memerlukan waktu maksimal 1 hari. Traveloka juga menggandeng Mandiri untuk produk serupa.

Kemudian, ada juga kolaborasi co-branding kartu kredit antara Blibli dan BCA. Kolaborasi ini ditujukan untuk meningkatkan transaksi belanja online di platform e-commerce.

More Coverage:

Traveloka Terus Perluas Kerja Sama dengan Perbankan

Berdasarkan survei Mastercard New Payment Index 2021, konsumen mengalami peningkatan ekspektasi seiring dengan semakin mudahnya transaksi pembayaran berbasis teknologi. Karena ini, pelaku bisnis dituntut untuk dapat menghadirkan berbagai opsi pembayaran dan pembelian. 

MasterCard melaporkan sebanyak 80% responden setuju untuk lebih memilih berbelanja di toko yang punya kehadiran offline dan online, 69% suka berbelanja di toko ritel yang menawarkan opsi pembayaran terbaru, dan 60% di antaranya menghindari merchant yang tidak menerima opsi pembayaran elektronik.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again