Categories

Berita

Versi Anyar Aplikasi LangitMusik Telkomsel Bawa Perubahan Tampilan dan Tambahkan Fitur-Fitur Baru

Menambahkan fitur karaoke, membuat playlist, menghadirakan UI dan UX baru, dan hadir sebagai layanan 3-in-1 untuk membeli lagu, aktivasi NSP, dan layanan streaming musik

Adjie Priambada - 8 September 2015

Hari ini (8/9), Telkomsel secara resmi memperkenalkan kembali aplikasi streaming musik LangitMusik versi terbaru untuk Android. Dalam versi terbarunya ini, LangitMusik hadir dengan tampilan yang lebih segar dan memiliki penambahan fitur-fitur baru. Peluncurannya pun mendapat dukungan dari para musisi dan penggiat musik dalam negeri karena dianggap dapat bantu mengedukasi masyarakat tentang konten musik legal.

LangitMusik adalah platform layanan musik digital besutan Telkomsel, bekerja sama dengan MelOn, yang memungkinkan penggunanya untuk mengunduh musik atau menikmatinya dengan cara streaming melalui perangkat smartphone maupun desktop. Dalam versi terbaru, LangitMusik hadir dengan slogan “Musiknya Hidup Kamu” dan tampilan baru serta menambahkan beberapa fitur anyar.

VP Telkomsel Digital Lifestyle Marina Kacaribu mengatakan, “LangitMusik versi terbaru ini kami persembahkan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan pecinta musik. Tampilan dan nuansa LangitMusik telah kami kembangkan berdasarkan masukan para penggunanya, sehingga dapat memberikan pengalaman terbaik dalam menikmati musik.”

GM Digital Music & Video Telkomsel Tengku Ferdi Febrian menambahkan, “Dibandingkan dengan yang lama, UI dan UX LangitMusik ini baru dan jumlah katalog musik yang tersedia lebih banyak (lebih dari tiga juta lagu). Layanannya juga sudah bisa 3 in 1, Anda bisa beli lagu dalam format Mp3, aktivasi NSP 1212, atau menikmati melalui layanan streaming. Sekarang juga bisa membuat playlist.”

Dengan pustaka lagu yang lebih banyak dari versi terdahulunya, yang hanya memiliki satu juta lagu, LangitMusik diharapkan dapat mengakomodasi selera musik masyarakat Indonesia yang beragam, mulai dari musik lokal hingga internasional. Selain itu, LangitMusik juga menjanjikan kualitas suara yang jernih (Dolby Digital) demi memberikan pengalamana terbaik bagi penikmat musik.

Mendapat dukungan sejumlah musisi dalam negeri

Terpuruknya industri musik saat ini, tak lepas dari maraknya aktivitas pembajakan yang terjadi, termasuk di Indonesia. Hal ini juga diperparah dari rendahnya kesadaran generasi penerus terhadap konten ilegal yang bisa dengan mudah didapat dari internet, termasuk konten seperti musik.

Kehadiran aplikasi seperti LangitMusik pun mendapat apresiasi dari para penggiat musik tanah air seperti Armand Maulana, Rini Wulandari, dan Marcell. Menurut Armand, kehadiran aplikasi seperti LangitMusik ini dapat dijadikan sebagai alat untuk edukasi mengedukasi masyarakat dalam mengapresiasi sebuah karya dengan membelinya secara legal dan benar. Para musisi pun dapat memanfaatkannya sebagai alat alternatif dalam pendistribusian karya musik secara digital.

Marcell sendiri menekankan bahwa saat ini yang terpenting adalah mengubah mindset masyarakat bahwa ada cara yang legal untuk mengapresiasi hasil karya musisi. Dengan kehadiran LangitMusik, ketiganya pun sepakat bahwa ini dapat menjadi salah satu cara dalam melawan pembajakan konten digital, khususnya musik, dan mengedukasi masyarakat terkait cara mendapatkan konten musik yang legal.

Strategi dan rencana ke depan LangitMusik

Tak banyak yang diungkapkan oleh Ferdi terkait dengan rencana ke depan LangitMusik. Ia hanya mengungkapkan bahwa pihak LangitMusik tak akan menutup kemungkinan untuk membuka kerja sama dengan berbagai pihak sehingga nantinya selain pelanggan Telkomsel pun dapat menggunakan aplikasi ini. Namun, untuk saat ini mereka akan fokus terlebih dahulu dengan pelanggan Telkomsel karena pangsa pasarnya sendiri dianggap masih besar.

Selain itu, Ferdi juga menjanjikan nantinya akan tersedia lebih banyak fitur dalam aplikasi LangitMusik dan kemungkinan akan ada penggabungan layanan dengan aplikasi LangitMusik Karaoke. Sebagai informasi, dalam versi terbaru ini, LangitMusik menyematkan juga fitur lirik dan senyap, sehingga memungkinkan pengguna untuk berkaraoke ria. Tapi, sekali lagi Ferdi menyebutkan bahwa cakrawala untuk rencana tersebut masih jauh dan saat ini mereka akan fokus pada pengembangan aplikasinya secara terpisah terlebih dahulu.

Saat ini LangitMusik dapat dinikmati oleh pelanggan Telkomsel dengan mengunduh aplikasinya melalui Google Play, App Store, Windows Store, BlackBerry World atau melalui desktop dengan mengunjungi situs resminya. Saat ini pelanggan dapat menikmati layanan music streaming dengan membayar Rp. 11.000 setiap bulannya untuk berlangganan. Selain itu, Telkomsel juga menawarkan free trial alias penggunaan gratis selama tujuh hari bagi para pengguna baru.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter