1. DScovery

8 Langkah Cara Menulis Artikel dengan Cepat untuk Pemula

Bagaimana caranya membuat artikel yang baik dan benar itu? Apalagi kamu yang penulis pemula mungkin akan bingung. Cek saja artikel ini!

Pekerjaan sebagai content writer semakin diminati dan dibutuhkan di banyak perusahaan. Apakah kamu ingin menjadi content writer tetapi tidak yakin apakah kamu dapat menulis artikel yang bagus? Jangan takut untuk menulis! Lihat di bawah ini cara menulis artikel untuk pemula.

Bagi kamu yang baru mulai menulis artikel, ada beberapa cara menulis artikel yang baik dan akurat. Jadi kamu tidak hanya menulis saja. Artikel yang dihasilkan juga mengandung informasi penting, faktual, mudah dipahami dan memberikan wawasan bagi pembaca.

• Memilih Topik

Langkah pertama sebelum menulis artikel adalah menentukan topik artikel. Jika kamu tidak menentukan topik dari awal, akan sulit bagi kamu untuk menulis artikel.

Agar lebih mudah, sebelum menulis, carilah topik artikel yang kamu sukai dan pahami. Juga, topik diskusi tidak boleh terlalu luas. Jika terasa terlalu lebar, coba persempit dan fokus ulang. Misalnya, kamu tertarik dengan sepak bola. Namun karena sepakbola begitu luas, kamu bisa mempersempit topik tulisan kamu lebih jauh lagi. Misalnya, perdebatan soal Piala Dunia 2022 di Qatar. Jika masih terasa terlalu luas, kamu bisa memilih untuk fokus hanya pada pertandingan tertentu, misalnya final Piala Dunia 2022 di Qatar.

• Target Pembaca

Setelah kamu menentukan topik yang ingin kamu tulis, langkah selanjutnya adalah mencari tahu siapa pembaca artikel kamu yang dituju. Kamu dapat memprediksi siapa yang akan membaca artikel kamu. Juga, pikirkan tentang informasi apa yang akan dimasukkan dalam artikel.

• Riset

Sebelum kamu mulai menulis artikel, kamu harus terlebih dahulu melakukan riset terperinci. Karena menulis artikel tidak bisa asal-asalan dan harus bisa menjamin tulisan selesai.

Riset dari sumber terbaru dan terpercaya agar informasi yang diberikan bukan hoax atau berita bohong. Selain itu, penelitian akan memudahkan kamu menentukan gaya tulisan dan percakapan kamu.

• Menyusun Kerangka Artikel

Hal berikutnya untuk menulis artikel adalah menulis kerangkanya. Menulis outline atau garis besar artikel merupakan hal yang penting, terutama bagi pemula. Garis besar artikel membantu penulis mengetahui apa yang akan mereka tulis. Fungsi lain dari kerangka artikel adalah untuk mencegah penulis tersesat, sehingga jika penulis berhenti di tengah, dia akan mengingat apa yang ingin dia sampaikan dengan pesan tersebut.

• Menulis Paragraf Pertama yang Berisi

Paragraf pertama sebuah artikel sangat mempengaruhi pembaca untuk melanjutkan membaca artikel sampai selesai atau melewatkannya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menulis paragraf pengantar yang tidak terlalu panjang namun menarik, yang dapat memikat pembaca untuk membaca artikel sampai akhir.

• Buatlah Menjadi Spesifik

Saat menulis artikel, jangan lupa untuk mencentang semua elemen yang diperlukan. Ketika datang ke proses atau kebijakan, pastikan semuanya sudah ada. Jika teksnya terlalu panjang atau membingungkan, cobalah untuk memecahnya menjadi poin-poin penting agar pembaca lebih mudah memahaminya.

• Baca, Revisi, dan Ulangi

Jangan lupa untuk membaca kembali artikel yang sudah selesai. Segera perbaiki kesalahan ejaan agar tidak membingungkan pembaca. Setelah itu, baca kembali artikel tersebut dari awal untuk memastikan gaya penulisannya 100% benar.

• Terus Berlatih

Menulis adalah keterampilan yang bisa disempurnakan. Caranya adalah dengan terus menulis setiap hari. Jika tidak bisa menulis setiap hari, setidaknya buatlah jadwal rutin menulis. Dengan begitu kamu dapat terus meningkatkan dan menulis lebih baik.

Nah, demikianlah cara menulis artikel yang baik dari DailySocial.id yang dapat kamu ikuti. Semoga membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again