1. DScovery

6 Jenis-jenis Artikel dengan Berbagai Tema dan Tingkat Kesulitannya

Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitannya, jenis artikel dibagi beberapa jenis. Mari kita bahas satu per satu jenisnya. 

Bagi kamu yang senang menulis, menulis artikel berbeda dengan menulis fiksi, puisi, artikel, dan karya ilmiah. Nah, apalagi kalau menyangkut artikel, tulisan ini adalah jenis tulisan yang berisi opini, ide, kritik, dan saran tentang suatu topik, peristiwa, atau topik yang bahkan perlu pengecekan fakta.

Artikel bersifat faktual dan informatif, artinya artikel yang ditulis harus faktual dan memberikan informasi kepada pembaca. Makalah yang baik memiliki tiga struktur, yang pertama adalah tesis atau gagasan utama karya kamu.

Kedua, argumen atau pendapat yang kamu sampaikan dalam tulisan kamu, dan yang terakhir adalah pengulangan yang dimaksudkan untuk memperkuat argumen yang telah ditulis sebelumnya.

Artikel bisa pendek dan to the point atau panjang dan rinci. Panjang artikel biasanya bervariasi tergantung seberapa banyak informasi yang ingin dan perlu disampaikan. Artikel pendek biasanya hanya 300-500 kata. Agar kamu tidak bingung, inilah artikel singkat yang bagus dan tepat beserta contohnya.

1. Artikel Deskripsi

Artikel Deskripsi, menggambarkan suatu kejadian, peristiwa atau hal yang dapat diamati secara langsung. Artikel deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran yang sebenarnya berdasarkan fakta tentang topik yang kamu diskusikan. Kamu dapat mulai menulis artikel deskriptif dari umum ke khusus. Di paragraf pengantar, kamu bisa menulis pengantar topik yang akan dibahas dan kemudian mempersempitnya ke topik diskusi. Inilah contoh artikel deskripsi:

Sumber: Scribd

2. Artikel Eksposisi

Jenis dan contoh artikel yang selanjutnya dibahas adalah artikel eksposisi. Artikel ini menjelaskan mengenai suatu peristiwa atau topik disertai bukti pendukung. Bukti diperkuat dengan analisis yang menghubungkan berbagai benang merah, sehingga menjadi tulisan yang runut. Tujuan dari artikel eksposisi adalah untuk mengklarifikasi, menjelaskan, serta mengevaluasi persoalan yang sedang dibahas. Inilah contoh artikel eksposisi:

Sumber: Scribd

3. Artikel Narasi

Jenis artikel selanjutnya adalah artikel narasi, yang biasanya ditulis untuk menyampaikan rangkaian peristiwa yang terjadi pada saat tertentu. Artikel narasi dibuat untuk memberikan pembaca informasi terperinci yang faktual, informatif, dan mudah dipahami. Artikel narasi datang dalam empat bentuk: cerita informatif, cerita penjelasan, cerita artistik, dan cerita sugesti. Contoh paragraf pembuka artikel narasi:

Sumber: Scribd

4. Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi adalah artikel yang berisi gagasan atau teori tentang sebab dan akibat dari suatu peristiwa. Artikel argumentatif bertujuan untuk membujuk pembaca tentang suatu topik atau fenomena dengan menyampaikan fakta-fakta yang logis dan objektif. Dalam artikel argumentatif, penulis biasanya mengambil posisi, baik yang mendukung maupun tidak, dalam menanggapi suatu isu atau fenomena. Inilah contoh artikel argumentasi:

Sumber: Scribd

5. Artikel Opini

Artikel Opini merupakan jenis artikel yang bersifat subyektif karena setiap orang memiliki pemahamannya masing-masing terhadap subjek, isu atau peristiwa yang sedang dibahas. Yang harus kamu perhatikan saat menulis opini adalah kebenaran informasi dan fakta yang kamu sajikan. Ini adalah contoh kutipan dari sebuah artikel opini:

Sumber: Scribd

6. Artikel Ulasan

More Coverage:

Artikel ulasan atau review biasanya bersifat subyektif bagi penulisnya karena merupakan ringkasan dari review atau rating yang pernah penulis baca, tonton atau dengar. Artikel ulasan biasanya terdiri dari 300 hingga 500 kata, tetapi sudah berisi semua informasi yang diperlukan. Contoh artikel ulasan singkatnya:

Sumber: Scribd

Itulah jenis-jenis artikel yang baik dan benar diikuti dengan contohnya. Sekarang kamu dapat lebih mudah memutuskan artikel seperti apa yang ingin kamu buat Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again