1. Startup

Laporan DailySocial: Survei "User Experience" untuk Aplikasi Mobile 2018

Memahami bagaimana konsumen Indonesia menggunakan aplikasi

Dalam pengembangan aplikasi mobile ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan developer, salah satunya mendesain User Experience (UX). Keluaran desain UX ialah mengarahkan aktivitas saat berselancar di aplikasi, mulai dari proses pendaftaran, penggunaan fungsionalitas sistem, hingga mengakses informasi bantuan.

Pada tahun 2018 ini, konsumen smartphone di Indonesia tidak lagi di tahap adopsi awal. Mereka sudah makin terbiasa dengan layanan berbasis aplikasi. Ketika berbicara tentang UX akan muncul pertanyaan, seperti apa kebiasaan pengguna saat mengakses aplikasi saat ini? Menjawab pertanyaan tersebut, DailySocial bekerja sama dengan JakPat Mobile Survey Platform mengadakan sebuah survei bertajuk "Mobile App User Experience Survey 2018".

Survei tersebut melibatkan 2092 responden pengguna smartphone di seluruh Indonesia. Beberapa temuan menarik di antaranya:

  • 35,71 persen dari total responden masih nyaman dengan proses pendaftaran aplikasi secara manual menggunakan email.
  • 95,22 persen dari total responden menganggap verifikasi email saat pendaftaran aplikasi penting dilakukan untuk keamanan.
  • 77,06 persen dari total responden menggunakan dan mengharapkan ketersediaan Bahasa Indonesia untuk penggunaan aplikasi sehari-hari.

Selain temuan data di atas, masih ada pembahasan lain yang dirangkum dalam hasil survei, termasuk preferensi penggunaan layar, perbandingan penggunaan antara mobile web dan mobile app, kebiasaan saat ingin menemukan informasi di aplikasi, hingga model bantuan yang paling diminati.

Untuk selengkapnya, silakan unduh laporan gratis Mobile App User Experience Survey 2018.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again