1. Startup

Layanan Email dari Plasa.com Dengan Teknologi Dari Windows Live

Kemarin Plasa.com mengumumkan kerja sama terbaru mereka dengan Microsoft, kerja sama yang dilakukan yaitu menyediakan layanan email bagi para pengguna Plasa.com dengan menggunakan teknologi dari Windows Live.

Kini para pengguna Plasa.com kembali diberikan fasilitas email dengan alamat @plasa.com, namun dengan fitur serta teknologi yang dimiliki oleh Windows Live, seperti Messenger, aplikasi kerja, serta tempat penyimpanan foto. Seperti yang dituliskan oleh TempoInteraktif, layanan email dari hasil kerja sama ini juga akan menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 25 GB.

Kerja sama antara Microsoft dan Plasa.com ini merupakan hasil kerja sama lain yang dilakukan Plasa, setelah sebelumnya mereka melakukan kerja sama dengan e-Bay sebagai bentuk dukungan untuk para penjual asal Indonesia dalam mengembangkan pasar untuk pembeli international.

Masih seperti yang dituliskan TempoInteraktif kerja sama ini selain untuk memberikan fasilitas layanan email pada pengguna baru, Plasa juga ingin 'memanggil' kembali para pengguna lama yang pernah atau masih menggunakan layanan email dari Plasa.com. Plasa.com menjadi salah satu penyedia layanan email yang sebelumnya telah memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak.

Meski telah memiliki alamat email di beberapa layanan, saya sendiri penasaran untuk mencoba mendaftar dan mencoba untuk melihat fasilitas apa yang bisa diakses dari Plasa dengan alamat email ini. Tampilan email dari Plasa.com dengan teknologi Windows Live memiliki berbagai fasilitas yang dimiliki Windows Live, layanan email menggunakan Hotmail, ada juga fasilitas Office serta penyimpanan foto, pilihan menganti tema header email, serta berbagai fasilitas lain.

Logo Plasa juga teletak di sebelah logo Windows Live, dan pada bagian ujung menu email ada tautan drop-down menu yang berisi berbagai menu dari layanan Plasa.com, seperti akses ke situs utama Plasa.com, toko-toko di Plasa, komunitas, akses untuk menjadi merchant di Plasa, serta beberapa fasilitas lain.

Dari kerja sama ini memang sepertinya strategi Plasa yang utama adalah menarik kembali pengguna lama layanan email mereka, tentu dengan daya tarik yang diberikan dari berbagai fitur dan layanan yang disediakan oleh Windows Live serta untuk mendapatkan para pengguna baru, terutama para merchant sebagai fasilitas tambahan untuk mempermudah komunikasi mereka.

Penempatan tautan pada halaman Plasa Mail sebenarnya cukup menarik, apalagi dengan tujuan untuk memudahkan komunikasi bagi para pemilik merchant atau pembeli rutin yang sering berbelanja di Plasa.com, kita bisa mengakses secara langsung situs Plasa langsung dari halaman Plasa Mail. Pengguna yang telah memiliki akun Plasa Mail juga bisa kembali ke halaman mail dengan melakukan klik pada banner Plasa Mail, setelah itu, meski tidak harus mengetikkan alamat email serta password, untuk masuk ke layanan mail, kita harus melakukan klik pada ikon sign in. Pengguna juga bisa mengatur email untuk konfimasi pembelian ke akun Plasa Mail.

Untuk masalah komunikasi sepertinya cukup menyenangkan jika pengguna Plasa Mail bisa diberikan akses khusus jika sudah memiliki akun mail di Plasa, misalnya bagipembeli yang telah memiliki Plasa Mail bisa langsung melakukan tanya/jawab dengan penjual, jika mereka sedang online, dengan fasilitas chat dari Windows Live Messenger. Atau mungkin kemudahan fasilitas yang berhubungan dengan foto, misalnya sinkronisasi foto dari akun Plasa Mail dengan akun yang ada di Plasa.com.

Kemunculan (kembali) Plasa Mail ini memang berjalan di tengah perkembangan layanan email lain yang juga melakukan pengembangan layanan, seperti Yahoo! Mail yang mengubah tampilan serta memiliki berbagai fitur baru, serta penambahan berbagai integrasi dengan jejaring sosial untuk memudahkan kontak dengan relasi.

Bagaimana dengan pendapat Anda? Apakah layanan Plasa Mail bisa meningkatkan jumlah penguna layanan email dari Plasa dan bisa meningkatkan proses komunikasi dari para pengguna Plasa.com? Mari bagikan pendapat Anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again