Setelah menjalankan bisnisnya sejak tahun 2016, Sevva, marketplace sewa-menyewa barang secara online mengubah tampilan situs mereka menjadi lebih mobile friendly, sekaligus meluncurkan aplikasi untuk platform Android.

Kepada DailySocial, CEO Sevva Erik Hormein mengungkapkan, diluncurkan aplikasi ini juga membantu pemilik barang dengan fitur unggulan yaitu pemilik rental dapat menggunakan aplikasi ini sebagai rental management system untuk pencatatan produk, penyewa barang dan transaksi secara digital.

“Kami ingin membantu para pemilik bisnis rental untuk mengalihkan pencatatan mereka dari Excel atau pun buku, menjadi digital dan terintegrasi melalui aplikasi Sevva Vendor. Untuk versi iOS rencananya akan diluncurkan pada tahun depan.”

Fitur smart search dan peningkatan sistem keamanan

Untuk memudahkan pengguna mencari barang-barang pilihan untuk dipinjam, Sevva menyediakan fitur smart search untuk membantu pengguna dalam proses pencarian produk sesuai kebutuhan. Fitur smart search juga memungkinkan penyewa mencari produk melalui berbagai filter sesuai dengan kategori produk. Misalnya memilih stroller berdasarkan berat anak, memilih koper berdasarkan maksimum kapasitas dan kamera berdasarkan kegunaan.

Peningkatan lain yang dilakukan Sevva kali ini juga fokus pada sistem keamanan. Dengan misi membangun ekosistem sewa bertanggung jawab, Sevva menambahkan lapisan verifikasi untuk penyewa. Fitur keamanan ini bertujuan agar para penyedia barang sewa tidak perlu khawatir atas penggunaan barangnya.

“Sevva hadir sebagai platform online yang menjawab kebutuhan sewa-menyewa yang mudah dan cepat. Namun tidak hanya itu tujuan kami di Sevva, keamanan dan kepuasan pelanggan demi terciptanya ekosistem sewa bertanggung jawab merupakan komitmen kami. Untuk itu, kami akan terus meningkatkan layanan sesuai dengan kebutuhan sewa masyarakat Indonesia,” kata Erik.

Sejak diluncurkan, Sevva mengklaim mengalami pertumbuhan jumlah pengguna hingga 100%. Sementara itu barang yang paling banyak disewa oleh pengguna adalah perlengkapan bayi, kamera, dan koper.

Untuk pilihan pembayaran, Sevva menyediakan bank transfer hingga kartu kredit. Terkait urusan logistik, hingga kini kegiatannya masih dilakukan secara langsung oleh pemilik barang kepada penyewa dan memanfaatkan layanan jasa kurir. Pada awal 2018, Sevva berencana melakukan integrasi layanan logistik ke dalam platform.

Target Sevva di tahun 2018

Masih rendahnya edukasi dan awareness di kalangan masyarakat, terkait penyewaan barang secara online, masih menjadi kendala Sevva untuk mempercepat pertumbuhan bisnis. Untuk meminimalkan terjadinya penipuan dan kendala teknis, Sevva memiliki target yang ingin dicapai di tahun 2018 mendatang.

“Target Sevva di tahun 2018 adalah bekerja sama dengan ratusan pemilik bisnis rental di seluruh Indonesia untuk meningkatkan awareness sewa-menyewa produk secara digital dan terintegrasi. Sevva akan memfasilitasi transaksi rental yang aman dan terpercaya dalam satu wadah agar tercipta ekosistem sewa-menyewa yang bertanggung jawab,” tutup Erik.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.